Sayembara Sastra Lisan Ternate Dibuka

TERNATE – Pantia Ternate Book Festival 2020 menggelar sayembara sastra lisan Ternate dan kelas pengenalan Essay yang menghadirkan penulis ternama Muhidin Dahlan sebagai pemateri. Kegiatan ini menjadi rangkaian untuk menyukseskan pameran buku terbesar pertama di Maluku Utara yang digelar mulai 10 – 17 Februari 2020.

Ketua Bidang Acara, Ternate Book Festival 2020, Wawan Iliyas menjelaskan, sayembara sastra lisan Ternate sengaja dibuat untuk melihat sejauh mana khazanah sastra lisan Ternate ini diminati dan dipelajari saat ini.  “ Jadi sayembara ini dibuka umum untuk semua kalangan. Kami berharap para peserta nanti bisa menyodorkan sastra lisan yang belum pernah dibukukan. Kalaupun sudah dibukukan, peserta dharapkan bisa menjelaskan makna dan konteks dari sastra lisan yang disetor ke panitia sejauh yang dipahami peserta,” kata Wawan.

Adapun ketentuan umum bagi peserta yang mengikuti sayembara, yakni. Pertama, Naskah yang diserahkan tidak sedang diikutkan dalam lomba lain dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Kedua, naskah merupakan karya asli, bukan jiplakan atau saduran.

Selain itu, ketentuan khususnya, setiap naskah disertakan dengan arti serta makna kontekstual. Peserta juga diminta membuat kategori atau jenis sastra lisan dalam setiap naskah yang dikirim seperti (Dola bololo, Dalil Tifa, Dalil Moro, Rorosa dst). Peserta wajib menyertakan sumber sastra lisan (sumber penutur).

Wawan mengatakan, dealilne sastra lisan ini dijadwalkan pada 5 Februari 2020, atau lima hari sebelum pelaksanaan Ternate Book Festival dimulai. Untuk tiga peserta terbaik, tambah Wawan, panitia menyiapkan uang pembinaan dengan total Rp 2.250.000 atau Juara I Rp1.000.000, Juara II Rp750.000, dan Juara III Rp500.000.

Sementara untuk kelas pengenalan Essay, batas waktu pendaftaran peserta juga dijadwalkan pada 5 Februari. Wawan menuturkan, kelas pengenalan essay diselenggarakan secara terbatas untuk 50 orang peserta. “Uang pendaftaran Rp 150.000. Peserta juga dapat buku yang ditulis oleh pemateri yang berjudul Inilah Essay,” ucapnya. Selain dua item ini, ada juga lomba foto candid dan selfi di lokasi digelarnya Ternate Book Festival 2020. “Untuk lomba foto kita umumkan dalam waktu dekat melalui Instagram,” ucapnya. (nas)

Berikan Komentar pada "Sayembara Sastra Lisan Ternate Dibuka"

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!