4 Siswa SMPN 1 Talbar Tidak Lulus UN

Tidak lulus (ilustrasi)

BOBONG – Kendati Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, telah meniadakan Ujian Nasional (UN) pada Tahun 2020 ini, namun hal itu tidak serta merta menjamin kelulusan bagi para siswa.

Hal ini sebagaimana yang terjadi di SMP Negeri 1 Taliabu Barat. Hasil UN yang diumumkan, ada empat siswa yang dinyatakan tidak lulus. Empat siswa yang tidak lulus tersebut masing – masing  Faisal, La Ode Naswan Syah, Yusri Samak dan Oi Saputra.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek),  Hj. Watanda Tomia ketika dikonfirmasi Fajar Malut, di kediamannya Selasa, (16/6) membenarkan bahwa sebanyak empat orang siswa yang dinyatakan tidak lulus, walau ujian telah ditiadakan karena wabah covid 19.

Baca juga:  Dana BOSDA Kota Ternate Enam Bulan Dihapus

“Ada ketentuan kelulusan, yakni berdasarkan kehadiran siswa, hasil ulangan, dan tugas. Atas dasar pertimbangan itulah, empat siswa tidak diluluskan,” jelasnya.

Empat orang siswa terhitung mulai satu semester tidak pernah hadir di sekolah. Pihak sekolah  sudah melayangkan surat panggilan kepada para orang tua, namun mereka tidak hadir. “Kami dari pihak sekolah juga sudah memberikan surat panggilan kepada orang tua wali, namun orang tua wali saja tidak indahkan surat panggilan. Berdasarkan hasil rapat dewan guru mereka tidak diluluskan agar menjadi pelajaran penting bagi siswa lainnya, sekaligus efek jera,” kata dia, seraya mengaku ikut memikirkan masa depan anak yang tidak lulus.

Meski begitu, pihak sekolah tetap menerima empat orang yang tidak lulus itu untuk masuk  sekolah, dan bersekolah seperti biasanya sampai datang ujian nasional tahun depan, dan mereka bisa kembali ikut. (bro)

Baca juga:  Libur Sekolah Diperpanjang Hingga 16 April 2020
error: Content is protected !!