OPD Harus Wujudkan Lima Program Prioritas AMR

Bupati Taliabu Aliong Mus

advertorial

BOBONG – Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu mewujudkan lima program prioritas sebagaimana tertuang sebagaimana tertuang dalam visi misi pemerintah Aliong Mus dan Ramli (AMR).

Adapun lima poin penting yang perlu dilakukan adalah. Pertama, kebutuhan infrastruktur wilayah. Kedua, penguatan dan pengembangan program berbasis pendidikan dari tingkat bawah hingga ke tingkat menengah. Ketiga, peningkatan dan pemenuhan pelayanan kesehatan masyarakat. Keempat, penguatan dan pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 dengan melakukan pemberdayaan masyarakat di berbagai bidang. Kelima, mewujudkan peningkatan pelayanan birokrasi yang lebih baik dan profesional.

“Insya Allah jika lima hal yang saya sebutkan dapat diaktualisasikan dalam tahap pembangunan secara baik, maka visi dan misi AMR dalam mewujudkan masyarakat Taliabu yang maju dan mandiri dapat dirasakan bersama,” kata Aliong ketika membuka Forum Perangkat Daerah dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di Gedung Pertemuan kantor Bupati Taliabu akhir pekan lalu.

Baca juga:  PUPR Malut Teken SPK Bersama Media Massa

Menurutnya,  penyelenggaraan kegiatan Musrenbag merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Pulau Taliabu Tahun 2022. sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dokumen RKPD, kata dia, tidak harus disusun hanya untuk memenuhi amanat peraturan perundang undangan, melainkan bertujuan untuk mengatasi permasalahan aktual pembangunan, mengakomodir berbagai harapan masyarakat dan serta sebagai penjabaran operasional dari visi – misi AMR masa bakti 2021-2024.

“Memperhatikan berbagai usulan dan aspirasi yang berkembang dalam musyawarah tingkat desa dan kecamatan. Kita masih diperhadapkan pada permasalahan mendasar yang perlu mendapatkan penanganan secara serius,” tandasnya.

Baca juga:  Bupati Taliabu Hadiri Pemusnahan Miras dan Makanan Kadaluarsa

Musrenbang RKPD yang digelar Bappeda setempat dengan tema; Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur Wilayah dan Kualitas Sumberdaya Manusia guna Pemulihan Ekonomi Daerah.

Kegiatan ini dijadikan acuan bagi seluruh OPD dalam penyusunan prioritas program kegiatan pembangunan yang nantinya akan dirumuskan menjadi Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2022.

“Merumuskan dan melaksanakan RKPD Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2022 dengan rasa optimisme dan etos kerja yang lebih tinggi. Apalagi, potensi wilayah kita cukup melimpah. Jika dikelola dengan baik, maka akan sangat memungkinkan untuk melakukan upaya percepatan pemulihan ekonomi daerah,” tutupnya, sembari membuka Forum Perangkat Daerah Dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Pulau Taliabu yang ditandai dengan memukul gong. Pelaksanaan Musrenbang terpantau digelar dengan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. (jos)

Baca juga:  Cegah Penyebaran Covid-19, Dinas PUPR Malut Lakukan Penyemprotan Disinfektan
error: Content is protected !!