Orang Meninggal, Menikah Atau Melahirkan Dapat 3 Juta

Ilustrasi

DARUBA – Bantuan Sosial (Bansos) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Morotai untuk orang meninggal dunia, ibu melahirkan dan pengantin baru, tahun ini naik menjadi Rp 3 juta. Sebelumnya, dimana ibu melahirkan hanya menerima Rp 500 ribu, pengantin baru Rp 750 ribu dan serta ahli waris untuk keluarga yang meninggal Rp 1 juta.

Kepla Dinas Sosial (Dinsos) Pulau Morotai, Awa Umar, ketika di konfirmasi mengatalan, untuk penerima Bansos bagi orang meninggal, melahirkan, dan menikah kini sistemnya tidak dipersulitkan lagi. Sistemnya sudah dipermuda agar berkas penerima tidak menumpuk dan tertunggak seperti tahun sebelumnya.

“Dia punya berkas semua masuk di Dinsos dan dari Keuangan di geser ke Bank dan sistem terimanya tidak satu bulan, saya bilang di bendahara jangan tumpuk pokoknya berapa banyak data satu kali tandatangan saja, yang sudah di tandatangan lansung geser ke keuangan. Jadi kalau ada yang kasih masuk bulan ini langsung cair,” kata Hawa, kepada wartawan Rabu (21/4/2021).

Baca juga:  Lapak Sudah Beraktifitas, Begini Respon Disperindag Ternate

“Jadi saya sudah rubah sistem, pokoknya saat mereka datang, contoh dari Desa Bere-bere itu jauh, kalau mereka pergi pulang dari transportasi saja sudah habis, jadi saya tidak mau begitu,” tambahnya.

Untuk tahun 2020 yang belum sempat di realisasi, lanjut dia, penerimanya tak perlu risau. Karena akan dibayar tahun ini. Bahkan sudah mulai dilakukan proses pembayaran. “Kejar kase abis bayar, dan ini sudah jalan, karena SK bupati yang meninggal, menikah, melahirkan itu 3 hari sudah harus urus,” tukas Hawa.

Untuk bisa mendapatkan program ini, tambah Hawa, penerima harus melengkapi persyaratan terlampir misalnya yang meninggal membawa akte kematian dan kartu BPJS. “Supayah yang meninggal, melahirkan dan menikah berapa banyak kita bisa tau. Dan pembayarannya untuk yang meninggal dan menikah kita bayar satu kali, sedangkan untuk ibu melahirkan dibayar bertahap per bulan Rp 500 ribu selama enam bulan,” terangnya. (fay)

Baca juga:  Jelang Ramadhan, Pemkab Taliabu Pantau Stok dan Harga Pasar di Kota Bobong 
error: Content is protected !!