Belum Terima Gaji, Empat Kantor Desa Dipalang

Kantor desa yang dipalang

WEDA – Akibat belum ada kejelasan soal gaji, sejumlah aparat desa yang berada di Kecamatan Patani, melakukan aksi pemalangan  kantor desa.

Adapun kantor desa yang dipalang di kecamatan Patani diantaranya, kantor Desa Yondeliu, kantor Desa Kipai, kantor Desa Wailegi dan kantor Desa Bakajaya. Camat Patani, Basuki Rahmat Saleh, membenarkan empat kantor desa dipalang oleh aparat desa di masing-masing desa di Kecamatan Patani.

“Kejadiaan Pemalangan terjadi pada pukul 18.00 Wit (6 sore) pada saat menjelang berbuka puasa,” ungkap Basuki Rahmat Saleh. Lanjut Rahmat, selaku camat yang bertanggung jawab di wilayah sudah memanggil beberapa desa untuk memberi keterangan terkait aksi pemalangan kantor desa.

Baca juga:  Belasan Ekor Hewan Ternak Ditangkap

“Pemalangan dilakukan karena tuntutan mereka belum terbayarnya insentif dan gaji perangkat desa yang sampai saat ini belum dibayar oleh Pemda Halteng,” ujar Camat. Adapun insentif dan gaji aparat desa yang ada di empat desa bervariasi, ada yang enam bulan dan tujuh bulan dari tahun 2020 kemarin.

“Saya sudah jelaskan kepada beberapa kades, bahwa keadaan keuangan daerah dengan perubahan sistem serta refocusing anggaran,” tambahnya. Dikatakannya, sudah berkoordinasi dan melaporkan dengan pihak terkait serta Bupati Halteng  Edi Langkara terkait Pemalangan empat kantor desa.

“Saya sudah hubungi melalui sambungan telepon kepada dinas BPMD dan bupati, bupati menjawab segera melakukan pertemuan dan koordinasi insya Allah semua akan diselesaikan,” kata camat. Rencananya, pemerintah kecamatan akan mengundang seluruh kepala desa yang melakukan Pemalangan kantor desa untuk melakukan rapat bersama pada malam ini juga,” tutupnya. (udy) 

Baca juga:  DAK Untuk Covid-19 Segera Dicairkan
error: Content is protected !!