Berkantor, Kadis PUPR Pantau Pembangunan Kantor Bupati

Kadis PUPR Taliabu Pantau Pembangunan kantor bupati

BOBONG – Setelah sekian lama meninggalkan kantor, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang DPUPR Kabupaten Pulau Taliabu, Suprayitno akhirnya mulai berkantor, Kamis (09/06/2021) kemarin.

Di hari pertama berkantor, Suprayitno langsung memantau pembangunan kantor Bupati Taliabu yang ditargetkan Bupati Aliong Mus harus rampung tahun ini.

Amatan Fajar Malut, Suprayitno memantau pelaksanaan pembangunan gedung kantor Bupati didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Amin Ata Sahafi dengan pihak rekanan PT. Damai Sejahtera Membangun (DSM) selaku pihak ketiga.

Kantor tersebut pada tahun ini kembali dianggarkan dalam APBD Kabupaten Pulau Taliabu sebesar Rp 7,9 miliar setelah sempat terhenti tahun 2020 akibat terjadi refocusing yang berdampak terhadap pemotongan sejumlah anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19. Selain kantor bupati, program Bupati Aliong Mus di bidang infrastruktur yang ditargetkan rampung tahun ini adalah kantor DPRD.

“Tahun ini kantor Bupati dan DPRD sudah dialokasikan sebesar Rp 10 miliar dan akan rampung tahun ini juga sesuai  target pak Bupati. Untuk pagu anggaran Kantor Bupati sekitar Rp 7, 9 miliar dan kantor DPRD RP 2 miliar lebih,”  sebutnya. Menurutnya, alokasi pagu Anggaran yang melekat di Dinas PUPR Taliabu sangatlah sedikit sehingga pelaksanaan pembangunan fisik dilakukan sesuai ketersediaan anggaran yang ada.

Pada tahun ini alokasi anggaran DPUPR yang tercantum dalam APBD sebesar RP 42 miliar dan telah dikurangi untuk kepentingan pandemi Covid-19 sebesar Rp 12,7 miliar. Sementara utang daerah yang harus dibebani sebesar Rp 28 miliar dan telah dibayarkan Rp 16 miliar, sehingga dari sisa alokasi anggaran Rp 32 miliar. “Tidak sedikit program prioritas yang terpaksa ditunda untuk dilaksanakan pada anggaran berikut,” ujarnya.

Meski demikian, mantan caretaker DPD KNPI Kabupaten Pulau Taliabu itu tetap optimis dapat menuntaskan target pembangunan sesuai program prioritas. “Berapapun anggaran difokuskan sampai jadi,” tegasnya. Sembari berharap, ada peningkatan pagu anggaran pada anggaran perubahan nanti untuk menuntaskan pembangunan jalan sepanjang 40 KM tahun ini. (bro)

Komentar

error: Content is protected !!