BMKG Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Banjir yang terjadi d kelurahan dufa-dufa dan sangaji utara

TERNATE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Ternate. Merilis peringatan dini terkait cuaca ekstrim di wilayah Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk tiga hari kedepan.

Prakiraan cuaca BMKG Kelas II Kota Ternate Justia P. D. Galensong, saat dikonfirmasi Senin (14/06/2021) mengatakan, peringatan dini cuaca ekstrim terjadi di sejumlah perairan di Malut. Seperti halnya di perairan Sidangoli, Sofifi, Weda, Ternate dan Kabupaten Pulau Morotai.

Bukan hanya itu untuk wilayah Maba, Jailolo, Bacan, Sanana, Taliabu, Galela dan Tobelo juga mengalami hal yang sama. Kata dia, di wilayah Malut curah hujannya diperdiksi selama 3 hari kedepan masih terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. “Untuk hujan lebat diprediksikan batas hari ini (Senin). Sementara malam hari masih  diprediksi hujan namun dengan intensitas ringan,” jelasnya.

Baca juga:  Pengelolaan Aset Provinsi Malut Masuk Zona Merah

Sementara itu untuk ketinggian gelombang di Malut, dikisaran 0,5 hingga 1,26 meter. “Untuk tinggi gelombang mencapai 2 meter terdapat di wilayah perairan pasifik, Halmahera, Obi, Morotai dan Kepulauan Sula serta Taliabu,” tutupnya. Diketahui hujan yang mengguyur Kota Ternate Senin (14/06/21), menyebabkan sejumlah daerah mengalami kebanjiran, seperti halnya di Keluarahan Dufa-dufa dan kelurahan Sangaji Utara. (one)

error: Content is protected !!