Kegiatan PUPR Kota Ternate Belum Terbayar

Dinas PUPR Kota Ternate
Dinas PUPR Kota Ternate

TERNATE – Sampai saat ini belum ada pencairan anggaran untuk pembayaran sejumlah kegiatan fisik di Dinas PUPR Kota Ternate. Padahal, kegiatan yang sumbernya dari DAK itu sebagian sudah selesai.

Kepala Dinas PUPR Kota Ternate Risval Tribudiyanto mengatakan, untuk progres fisik di tahun ini melampaui progres keuangan.

“Seperti jalan Tolire telah selesai melalui DAK sampai sekarang belum ada pencairan uang muka pun belum. Begitu juga dengan jalan Moti juga sama, hal ini mungkin karena keterlambatan DAK, jadi belum terbuka saat lalu tapi Jumat lalu sudah masuk mudah-mudahan Senin besok (hari ini) sudah mulai proses,” katanya Minggu (13/06/2021).

Hal yang sama juga kata dia, terjadi di kegiatan Sanitasi dan Air Bersih, sebab kegiatan DAK ada batasan progres penyerapan. “Batasnya di bulan Juni, dan bukan hanya tahun ini, tapi di tahun 2022 pun sudah harus masuk usulan di aplikasi KRISNA sementara kita dari PUPR sudah melakukan input data, baik itu DAK reguler maupun DAK penugasan. Jadi kontrol penyerapan DAK dan pemasukan administrasi tahun itu biasa di Juni,” ungkap dia.

Baca juga:  Ini Alasan PLN Kenapa Tarif Listrik Naik

Sementara penyerapan anggaran Dinas PUPR Kota Ternate menurutnya, pada tahun 2021 ini belum ada sepeserpun yang cair, khususnya kegiatan belanja modal. “Yang dilakukan pembayaran Januari, Februari dan Maret itu kegiatan multi year, kalau yang lain belum ada, bisa di bilang pada 2021 itu nol,” jelasnya.

Dikatakannya, alokasi anggaran Dinas PUPR pada 2021 itu sebesar Rp 130 miliar. Jadi jumlah itu Rp 80 miliar lebih multi year, Rp 15 miliar DAK sisanya Rp 45 miliar. Kemarin diminta PUPR Rp 30 miliar untuk refocusing, jadi PUPR sisa Rp 15 miliar,” tutupnya.(cim)

error: Content is protected !!