Pelayanan RSU Obi Dialihkan ke Puskesmas Laiwui

Puskesmas Laiwui

LABUHA – Rumah Sakit Umum Kepulauan Obi, Halmahera Selatan (Halsel) ditutup sementara. Hal dilakukan lantaran sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) di RSU Obi terkonfirmasi positif Covid 19 dan sebagai mengalami gejala.

Pihak RSU sendiri telah mengeluarkan himbauan ditutupnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di Pulau Obi mulai tanggal 26 Juni – 8 Agustus 2021. “Sementara ini pelayanan di RSU Obi ditutup karena sebagian besar petugas kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19 termasuk dokter. kemudian ada juga yang bergejala. Sehingga menjaga kemungkinan untuk tidak tertular ke masyarakat maka pelayanan ditutup sementara,” Kata Sekretaris Dinas Kesehatan Chairil Toloa Kamis (29/7). 

Dirinya menambahkan, pelayanan kesehatan di RSU Obi ditutup selama dua minggu karena dihitung masa karantina dokter dan Nakes yang positif Covid-19. “Sehingga pelayanan untuk rawat inap dan sebagainya dialihkan ke Puskesmas Lawui,” tuturnya.

Baca juga:  Polda Malut Donor Darah Peduli Covid-19

Jumlah petugas yang positif Covid-19 sekitar 50 sampai 60 tenaga medis, dan yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 60 persen, yang didalamnya ada dokter, bidan, perawat, analisis dan 2 orang dari petugas mesin genset. “Klaster awal penyebab para tenaga medis ini terkena Covid-19 itu karena menangani masyarakat yang positif sehingga para tenaga medis juga kena,” ujarnya. (nan) 

error: Content is protected !!