Jadi Irup HUT RI ke-76, Bupati Aliong Mus Tampil Beda

Bupati Aliong Mus Irup saat upacara HUT RI di GOR Bobong

Advertorial

BOBONG – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu, Selasa (17/8/2021) menggelar upacara detik-detik proklamasi dalam rangka memperingati Hari Ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 Tahun 2021.  

Bupati Aliong Mus menjadi Inspektur upacara yang dilangsungkan di Gelanggang Olahraga (GOR) Bobong dengan menerapkan protokol kesehatan. Jika sebelumnya Aliong hanya tampil dengan mengenakan seragam PDU 1 dilengkapi dengan tanda jabatan sebagai Bupati, kali ini mengenakan satu Lencana Jasa Dharma Bakti dari pramuka yang diterima beberapa waktu lalu berdasarkan SK Kwarnas nomor 104 Tahun 2021 yang ditandatangani pada 30 Juli 2021 oleh Ketua Kwarnas Komjen (purn) Budi Waseso, dengan nomor piagam dharma Bakti 11011/2021.

Upacara berjalan penuh khidmat itu tidak terdapat agenda penyampaian sambutan yang dibacakan oleh Bupati, namun  saat memantau persiapan pelaksanaan upacara, Bupati dua periode itu mengungkapkan, memperingati HUT RI di masa pandemi Covid-19 ini, maka persatuan dan hidup bergotong royong harus menjadi pilihan agar bisa keluar wabah tersebut.

Baca juga:  Bupati Aliong Sebut Lima Program Prioritas Harus Dilaksanakan OPD

“Di momentum 76 tahun Indonesia merdeka ini, kita kembali diuji bagaimana persatuan kita dan gotong royong kita untuk selalu sabar menghadapi pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Ia menyebutkan, pandemi Covid-19 masih dialami di Indonesia termasuk di Pulau Taliabu yang telah keluar dari zona merah menjadi zona orange.  Untuk itu, protokol kesehatan tetap wajib diberlakukan, mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga serta bermasyarakat.

Disamping itu, kegiatan olahraga atau tindakan lain yang dapat meningkatkan imun tubuh serta kesehatan. “Kita selalu berdoa, mudah-mudahan kita dapat keluar dari masa-masa sulit ini,” ujarnya

Amatan Fajar Malut, pelaksanaan upacara pada masa pandemi Covid-19 ini dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Bertindak sebagai Komandan upacara, Lettu Inf Kasdam Amd.Kep, Jabatan Dan Unit Intel Kodim  1510 Kepsul. sementara, Mayor Inf Rudin Sidangoli bertindak sebagai perwira Upacara jabatan Pabung Pulau Taliabu dan  Babinsa Koramil 1510-02 Bobong Sersan Mayor Rizal Jamadin bertindak sebagai Komandan Pasukan pengibar bendera (paskibra).

Baca juga:  Malut Peroleh Nilai SPBE Tertinggi Dari Maluku dan Papua

Adapun pembawa baki, Cahya Mutiara J. Idu, asal sekolah Madrasah Aliyah (MA) YPPT Lede, membentang bendera, Muhammad Rifaldi, penggerek bendera La Ode Masbil, dan Aryan Tareka adalah siswa SMA Negeri 1 Bobong Pulau Taliabu. Sementara penggerak lainnya adalah putra putri terbaik kabupaten Pulau Taliabu yang tersebar dari 8 kecamatan.

Bupati Aliong hadir di lapangan upacara bersamaan Wabup Ramli beserta Dandim 1510 Sula-Taliabu, Letkol Inf, Tri Yulianto, Ketua DPRD Taliabu, Meilan Mus, dan Kepala Kejaksaan Negeri Pulau Taliabu, Alfred Tasik Palulungan.

Selain Forkopimda, Bupati Aliong Mus di dampingi istrinya, Zahra Yolanda Aliong Mus yang tampil mendampingi dengan mengenakan kebaya. Pelaksanaan upacara berlangsung khidmat, dan pengibar bendera merah putih mendapat aplos meriah karena berjalan lancar.

Baca juga:  PUPR Malut Harap Pemenang Tender Wayatim-Wayaua Memiliki Sumberdaya

Selain Forkopimda, juga dihadiri pimpinan Pimpinan OPD, Kepala BUMN, BUMD, Tokoh agama, tokoh masyarakat, Ibu Bhayangkari, Ibu Persit, Tim Penggerak PKK, ketua parpol, Bawaslu, Komisioner KPU setempat serta Barisan Generasi Muda Paskibraka, Pramuka dan undangan lainnya.

Sementara anggota DPRD dari jumlah 20 orang, hanya dihadiri 15 anggota, termasuk Ketua DPRD Meilan Mus, Wakil ketua I, Taufik Toib Koten, Wakil Ketua II, Zainal Ashar, Sukardinan Budaya,

Arifin Abdul Madjid, Ridwan Soamole, Pardin Isa, M.Nuh Hasi, Hadiran Jamali, Hasanudin, Samsudin Aki, Helfin Ware, Vidya Alwi, Muhammad Alnajib Sarihi, La Putu, dan Hj.Nur Ain Mus. Peserta upacara adalah siswa siswi dalam ibukota Bobong, dan Pegawai maupun Honorer di lingkup OPD serta anggota TNI-Polri. (bro)

error: Content is protected !!