Poktan Ladang Dapat Bantuan 6 Unit Mesin Perontok Padi

Bantuan mesin perontok padi untuk kelompok tani padi ladang

DARUBA – Sebanyak enam unit mesin perontok padi bantuan Kementerian Pertanian RI tiba di Kantor Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulau Morotai. 

Kepala Dinas Pertanian Pulau Morotai, Anwar Husen, ketika dikonfirmasi mengatakan, bantuan tersebut akan diserahkan ke kelompok tani (Poktan) padi ladang.  “Sumber anggarannya dari DAK 2021. Bantuan ini khusus untuk petani padi ladang, bukan sawah,” jelas Anwar. 

Hanya saja, kata Anwar, bantuan hanya diserahkan kepada petani padi ladang yang produktif. “Hampir semua desa ada kelompok tani padi ladang, tapi untuk bantuan ini kita hanya serahkan ke petani yang dianggap produktif, jadi sampai saat ini kita belum bisa tetapkan ke kelompok tani mana yang kita serahkan, karena masih dilihat dulu,” katanya.

Untuk kebutuhan pertanian di Morotai, tambah Anwar, mesin yang masih dibutuhkan adalah mesin pengelolaan lahan berupa traktor roda dua dan empat. Sementara jenis bantuan tersebut, kata dia, tidak pernah di dapat lagi sejak tahun 2018. 

“Bantuan traktor dari Kementerian Pertanian yang kita terima terakhir itu 2017-2018, traktor kita sebenarnya banyak, untuk roda empat ada 17 unit, roda dua saya sudah lupa berapa. Hanya saja bantuan tersebut diserahkan langsung ke kelompok tani. Sementara kebutuhan dari petani yang lain juga cukup banyak, kita sudah usulkan terus cuma belum direalisasi,” pungkas Anwar. (fay)

Komentar

error: Content is protected !!