Kemendagri Berharap Tidore Jadi Contoh Bagi Daerah Lain

Kantor Walikota Tidore

TIDORE – Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, kembali mendapatkan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) dan Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) sebagai satu-satunya daerah kabupaten/kota di Malut yang telah menyelesaikan laporan Standar Pelayanan Minimal (SPM) berbasis aplikasi.

Apresiasi ini disampaikan langsung oleh Ir. Idham Umasangaji, Asisten Bidang Pemerintahan Provinsi Malut atas nama Gubernur yang disaksikan oleh Sri Purwaningsih, Sekretaris Ditjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri pada acara rapat koordinasi dan fasilitasi penerapan SPM se-Provinsi Malut di Ternate, Rabu, (08/09/21).

“Atas nama Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kemendagri kami sangat mengapresiasi atas kinerja dan capaian laporan SPM dari Kota Tidore Kepulauan. Hormat kepada Pak Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan atas capaian ini, semoga menjadi motivasi bagi daerah-daerah lain di Maluku Utara dalam menuntaskan penyampaian laporannya,” ucap Idham, yang diamini pihak Kemendagri.

Rapat evaluasi tersebut dihadiri oleh 32 peserta dari 10 kabupaten/kota, pemprov Malut dan Kemendagri. Dari hasil evaluasi, diketahui hampir semua Kabupaten/Kota di Malut capaian bidang SPMnya masih ada yang nol.

Kecuali Kota Tidore Kepulauan capaian SPM paling baik di Malut. Idham mengatakan Kota Tidore meraih predikat paling baik dengan capaian 71,16 persen walaupun capaian bidang sosialnya 13 persen, namun tidak ada yang nol. Sementara Sri dari Kemendagri menambahkan secara keseluruhan, capaian daerah Provinsi Malut masih sebesar 3,85 persen dan tergolong masih rendah.

“Kami sangat berharap dengan capaian ini, Kota Tidore bisa dijadikan contoh untuk penyelesaian SPM bagi daerah-daerah lainnya di Malut,” harapnya. Terpisah, Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH menyatakan bersyukur atas capaian Kota Tidore. “Ini buah dari kinerja dan budaya kerja keras bersama seluruh Pak Sekda, pimpinan OPD dan seluruh ASN. ASN Kota Tidore Kepulauan sudah terbiasa dengan kinerja dan prestasi dan saya bangga dengan mereka,” tegas Walikota 2 periode itu.

“Komitmen Saya dan pak Wakil memberikan TPP bagi ASN benar-benar memberi hasil dan meningkatkan motivasi bagi mereka. Bagi saya, capaian prestasi ini akan menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan motivasi mereka kedepannya. Saya bersyukur dan perlu berterima kasih kepada pak Wakil, Sekda, pimpinan OPD dan seluruh ASN di Kota Tidore Kepulauan” tambah Capt. Ali.

Orang nomor satu di Tidore Kepulauan berharap agar prestasi ini tidak sekedar capaian administrasi belaka, tetapi benar-benar memberi manfaat yang nyata bagi masyarakat, karena tugas ASN adalah menuntaskan pelayanan urusan wajib mendasar bagi masyarakat, seperti standar pelayanan pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan sosial dan itu yang paling utama. “Saya berharap laporan SPM benar-benar membuktikan bahwa pelayanan dasar masyarakat sudah terlayani dengan sangat baik, terutama urusan wajib pelayanan dasar yang menjadi prioritas visi misi Tidore Jang Foloi,” tegas Walikota yang juga Ketua Apeksi Komwil VI.

Tak hanya itu, Ali Ibrahim juga menyampaikan terima kasih kepada Kemendagri dan Pemerintah Provinsi Malut atas apresiasinya. “Kalau ada prestasi kami, yaa..syukur Alhamdulillah, yang terpenting kami akan terus bekerja untuk Maluku Utara, kita akan terus berbuat yang terbaik untuk masa depan Maluku Utara, karena hari esok adalah milik kita,” tandasnya. (hms/ute)

Komentar

error: Content is protected !!