Pantai Tobololo Jadi Perhatian Pemkot Ternate

Penyerahan Armada Pengangkut Sampah

TERNATE – Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman  didampingi Kadis Pariwisata Kota Ternate Rizal Marsaoly, Rabu (08/09/2021)  menyerahkan satu unit viar (motor roda tiga) untuk kelurahan Tobololo yang diterima ketua karang taruna Tobololo.

Kendaraan ini nantinya akan menjadi salah satu fasilitas pelayanan sampah di pantai Tobololo. Ini membuktikan kalau Pemkot Ternate punya perhatian serius untuk pengembangan pantai Tobololo sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Ternate melalui visi Ternate Andalan.

Dalam penyerahan itu, Wakil Wali Kota Jasri Usman bersama Kepala Dinas Pariwisata meninjau langsung potensi wisata di pantai Tobololo, yang nanti direncanakan sebagai wisata pantai dengan menyediakan fasilitas penunjang. Fasilitas yang ingin direncanakan ialah membuat wisata pantai yang representatif untuk para pengunjung dari kalangan mahasiswa yang sering menggunakan tempat tersebut sebagai ruang diskusi.

Baca juga:  Ini Alasan PLN Kenapa Tarif Listrik Naik

Selain itu, pantai wisata Tobololo juga akan memberikan konsep yang mungkin juga beda dengan tempat wisata yang sudah ada sebelumnya, tujuannya agar wisata pantai Ternate punya karakteristik masing-masing.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate Rizal Marsaoly mengatakan, penyerahan viar ini untuk memenuhi janji Wakil Wali Kota saat kunjungan beberapa waktu lalu. “Di semua tempat wisata yang pertama harus dijaga adalah persoalan kebersihan, ketika saya bersama dengan pak Wakil dan Camat serta Lurah dikeluhkan berkaitan dengan sampah akibat batok kepala yang sudah selesai di makan, dan direspon oleh pak Wakil sehingga hari ini kita bisa berikan kaisar, melalui CSR,” katanya.

Bantuan CSR dari perusahan swasta maupun BUMN sebanyak 12 unit, sebagian di distribusi ke Karance dan Talangame serta kelurahan lain termasuk satu unit diserahkan ke kelurahan Tobololo. “Kami harapkan ini bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan yang ada di lokasi ini,” sebutnya. Dia juga berharap, pantai Tobololo menjadi salah satu destinasi tujuan wisata di Kota Ternate. “Jadi nanti secara bertahap akan kami tata juga Tobololo,” tegasnya.

Baca juga:  Muhdar Minta Buktikan Keterlibatan di Parpol Seperti Dalam SK Pemberhentian

Sementara itu, Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman menuturkan, penyerahan kendaraan viar ini sesuai dengan janjinya beberapa waktu lalu, sembari menyebutkan pihaknya sudah tiga kali mengunjungi pantai Tobololo.

Menurutnya, Pemkot Ternate akan menjadikan pantai Tobololo sebagai salah satu daya tarik wisata. “Kota Ternate ini ada beberapa potensi yang diandalkan, salah satunya pariwisata, karena kita tidak punya sumber daya alam namun kita punya potensi pariwisata. Termasuk tempat ini, kalau dikelola dengan baik akan mendatangkan pendapatan bagi masyarakat,” terang dia.

Untuk itu, pantai Tobololo tersebut kedepannya bakal ditata oleh Pemkot Ternate. “Untuk mengembangkan pariwisata salah satunya harus dibenahi pola hidup masyarakat di sekitar sini, sehingga kalau di lakukan penataan maka masyarakat juga dapat mendukung itu,” katanya.

Baca juga:  Catatan  dari Moti

Selain itu, kata dia, kesadaran warga terhadap kebersihan pantai juga sangat penting, sebab hal ini nantinya dapat menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke lokasi itu. Sebab di lokasi itu juga dijadikan sebagai tempat penakaran penyu yang setiap tahun ribuan anakan penyu dilepas ke laut.(cim)

error: Content is protected !!