DPRD Ajak Distan Bersinergi Dengan BPTP

DPRD Tidore Kepulauan

TIDORE – Upaya meningkatkan kualitas produksi pertanian yang difokuskan pada tanaman hortikultura dan perkebunan lainnya, sebagai langkan mendukung visi misi Walikota Capt. H. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen di periode kedua yang bergerak pada sektor pertanian.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tikep mengajak Dinas Pertanian (Distan), untuk melakukan sinergitas program dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Maluku Utara (Malut), dalam hal pengadaan bibit.

“Langkah ini merupakan upaya pemerintah daerah, agar dapat menggenjot produksi pertanian yang berkualitas dan melimpah,” ungkap Wakil Ketua I DPRD Kota Tikep, Mochtar Djumati usai melakukan pertemuan bersama dengan Distan Tikep dan BPTP Provinsi Malut pekan kemarin.

Politisi Nasdem ini menegaskan, untuk kedepannya pengadaan, tanaman tahunan yang menjadi salah satu produk unggulan masyarakat Tidore seperti pala akan dilakukan berbasis teknologi. Sehingga kualitas dari pada pala tersebut benar-benar teruji.

“Makanya kedepan dalam pengadaan bibit, distan harus berkoordinasi dengan BPTP sehingga bibit yang diadakan itu benar-benar unggul. Selain itu, kita juga akan memanfaatkan ketersediaan bibit untuk tanaman tahunan yang dimiliki BPTP guna dimanfaatkan oleh petani kita di Tidore,” tambahnya.

Mochtar melanjutkan, sejauh ini pengelolaan pertanian di Tidore masih terkesan kurang maksimal, untuk itu hal ini akan dilakukan perbaikan kedepan, guna menjamin kesejahteraan para petani. Sehingga dalam hal penyaluran bantuan dan pemberdayaan petani dapat dilakukan secara menyeluruh.

“Karena selama ini mungkin ada petani yang belum disentuh secara baik, kedepan kita akan perkuat melalui program-program Distan yang bisa menyentuh mereka secara maksimal,” tandasnya. (ute)

Komentar

error: Content is protected !!