Saldo PKH Warga Taliabu Diblokir

Sejumlah PKH saat mendatangi kantor Dinas Sosial Kabupaten Pulau Taliabu

BOBONG – Sejumlah saldo ATM milik warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Pulau Taliabu diblokir.  Pemblokiran saldo sejumlah penerima PKH itu disebabkan jarang melakukan transaksi.  

“Saldo bantuan yang tidak melakukan transaksi di tahap I tahun 2021. Jadi bukan ATM yang diblokir, tapi saldonya,” kata Administrator Pangkalan Data PKH, Pulau Taliabu, Zulkifli La Ane , ketika dikonfirmasi, Selasa (14/9/2021).

Ia mengatakan, pemblokiran saldo PKH itu bukan dilakukan Dinas Sosial, melainkan langsung ditarik kembali oleh pemerintah. “Jadi dananya itu langsung ditarik ke kas negara. Semoga dananya bisa dikembalikan pada tahap berikutnya,” ujarnya.

Petugas Bansos BRI Unit Taliabu, Aswad menjelaskan, pemblokiran dana PKH tersebut ditarik langsung oleh Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kementerian Sosial (Kemensos).

Pemblokiran saldo itu terjadi lantaran tidak melangsungkan transaksi (mengambil dananya) selama pencairan pada tahap awal. “Jadi untuk blokir itu langsung dari sana (Pusat). Untuk pemblokiran itu, setahu kita itu berdasarkan permintaan dari PFM.  Karena biasanya PKH itu tiga bulan (cair) kalau tidak bertransaksi, maka dia dikembalikan ke kas negara,” jelas Aswad.

Di tahun 2021 ini, penyaluran bantuan PKH telah memasuki tahap ketiga. Sementara itu, pencarian dana PKH per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dicairkan bervariasi, berdasarkan syarat yang berlaku. (bro)

Komentar

error: Content is protected !!