Polres Tidore Mulai Lakukan Operasi Patuh 2021

Pelaksanaan Operasi Patuh Satlantas Polres Tidore

TIDORE – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tidore Kepulauan mulai melakukan operasi Patuh Kie Raha Tahun 2021. Operasi ini akan berlangsung selama dua pekan kedepan, mulai dari 20 September sampai 3 Oktober 2021.

Kepala Satlantas Polres Tidore, IPTU Julaiha Dukomalamo, mengatakan sasaran dalam melakukan operasi patuh 2021 akan lebih diarahkan kepada peningkatan sosialiasi penerapan dengan protokol kesehatan (prokes) beserta mengajak masyarakat untuk melakukan vaksinasi.

Untuk itu, apabila ditemukan pengendara yang belum melakukan vaksin, maka akan diarahkan untuk mengikuti proses vaksinasi yang digelar Polres Tidore dan Pemerintah Kota Tikep, yang berpusat di Open Space Kelurahan Tomagoba, maupun di setiap puskesmas-puskesmas terdekat.

“Kerjasama Polres dan pemerintah daerah ini akan berakhir pada hari Rabu 22 September 2021, jadi kalau vaksinasinya disini (open space) sudah berakhir, maka bisa kita arahkan masyarakat untuk ke puskesmas-puskesmas terdekat guna mendapatkan layanan vaksinasi,” jelasnya saat ditemui awak media di sela-sela pelaksanaan vaksinasi massal di Open Space, Senin, (20/9/21).

Baca juga:  Wawali Tidore Hadiri Pemasangan Tiang Alif di Tongowai

Dalam pelaksanaan sosialisasi prokes dan vaksinasi, Kata IPTU Julaiha, pihaknya hanya sebatas memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, sebagai wujud pembinaan, agar masyarakat dapat mentaati prokes dan melaksanakan vaksin di musim pandemi covid-19.

“Vaksin ini dapat membentuh kekebalan tubuh, sehingga kami harapkan masyarakat yang belum di vaksin agar segera divaksin guna terbentuknya kekebalan tubuh secara berkelompok baik kelompok masyarakat Tidore, Maluku Utara dan Indonesia pada umumnya, tujuannya agar pasca vaksinasi kita sudah bisa beraktifitas seperti biasa sehingga kembali memulihkan masalah ekonomi, jadi tidak perlu takut dengan informasi-informasi hoaks mengenai vaksin,” tuturnya.

Lebih lanjut, IPTU Julaiha mengatakan sosialisasi prokes dan vaksinasi juga akan dilakukan di setiap sekolah-sekolah. Pasalnya, vaksinasi ini juga sudah bisa dilakukan terhadap pelajar yang berusia 12 – 17 tahun. Selain sekolah, lokasi operasi patuh ini juga akan dipusatkan di tempat-tempat keramaian, seperti pasar Sarimalaha. Operasi ini juga, akan dilakukan penindakan terhadap pengendara yang melakukan pelanggaran dalam berlalu lintas.

Baca juga:  Peringati Maulid Nabi, Wawali Ajak Warga Tidore Cinta Damai 

“Kami juga megecek terkait dengan kelengkapan kendaraan, maka dari itu kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas guna menghindari kecelakaan,” tambahnya. Operasi patuh ini, melibatkan personil Polres Tidore, TNI dan Dinas Perhubungan Kota Tikep. (ute)

error: Content is protected !!