Warga Oba Utara Penyumbang Vaksinasi Terbanyak

Saiful Salim

TIDORE – Untuk membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok ditengah-tengah musim pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan gencar melakukan vaksinasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendali Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Tidore, Saiful Salim mengatakan, untuk Kota Tidore kepulauan telah dilakukan vaksinasi sebanyak 21.448 jiwa atau 24,7 persen untuk dosis 1, dari yang ditargetkan sebanyak 86.966 jiwa. Sedangkan vaksinasi dosis ke 2, sudah dilakukan sebanyak 11.419 atau 13,1 persen.

Dari vaksinasi dosis 1 yang dilakukan Pemkot Tikep penyumbang terbesar berada di Kecamatan Oba Utara, yakni sudah sebanyak 8 ribu lebih jiwa yang divaksin, dari target yang ditentukan sebanyak 14 ribu lebih untuk Kecamatan Oba Utara. Menyusul Kecamatan Tidore, Kecamatan Tidore Utara, Kecamatan Tidore Selatan, Kecamatan Tidore Timur, Kecamatan Oba, Oba Selatan dan Oba Tengah berada di posisi terakhir.

Baca juga:  Sambut HKN Dengan Donor Darah

“Target vaksinasi yang dicapai sampai di akhir bulan September sebagaimana yang diberikan oleh Kementerian kesehatan itu sudah harus mencapai 35 persen, jadi paling lambat sebelum pelaksanaan STQ kita sudah harus melakukan vaksinasi sebanyak 12 ribu jiwa untuk mencapai target 35 persen,” ungkapnya.

Saiful bilang, untuk saat ini, masih terdapat sekitar 65 ribu masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang belum dilakukan vaksinasi. Olehnya itu ia berharap kepada seluruh masyarakat Kota Tikep terutama ASN dan pihak swasta agar turut serta membantu pemerintah melakukan sosialisasi dan mendukung program vaksinasi dengan menggerakan dan mengajak masyarakat untuk ikut divaksin, sehingga target yang ditentukan oleh pemerintah pusat sebanyak 70 persen bisa tercapai. “Jika kita sudah mencapai target, maka tentunya herd immunity di kalangan masyarakat Kota Tikep sudah terbentuk sebagaimana yang diharapkan,” tuturnya. (ute)

Baca juga:  Peringati HUT, PMI Kota Ternate Gelar Rapid Test dan Bagi Masker
error: Content is protected !!