Jelang Pembukaan STQ, Warga Padati Pelabuhan Speedboat

Warga padati pelabuhan speedboat

TERNATE – Beberapa jam menjelang pembukaan STQ Nasional ke XXVI di Sofifi yang dibuka malam ini oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan dihadiri sejumlah kepala daerah di Indonesia. Aktifitas pelabuhan speed boat Mangga Dua, Kota Ternate dipadati warga yang hendak ke Sofifi.

Kepadatan ini terjadi sejak pukul 13.30 WIT hingga menjelang petang, dimana warga antusias untuk menyeberang ke Sofifi Kota Tidore Kepulauan untuk menyaksikan open ceremony Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang menghadirkan para kafilah seluruh Indonesia.
Dari amatan media ini, warga memadati pelabuhan semut namun dibawa pengawasan petugas dan TNI/Polri untuk mengatur warga naik ke speedboat yang hendak ke Sofifi.

Baca juga:  Todong Karyawan Pakai Airsoft Gun, Oknum Sekuriti Diamankan

Untuk menyiasati antrian panjang pihak otoritas pengelola pelabuhan tidak menjual tiket di loket, warga bisa mendapatkan tiketnya saat naik ke speed boat setelah namanya masuk di manifest sesuai antrian di jalur yang telah tersedia.

Bahkan warga juga sebelum naik, petugas dari satgas covid juga memastikan penerapan protokol kesehatan salah satunya memakai masker. Sahrul salah satu warga mengatakan, dirinya hendak ke Sofifi karena ingin menyaksikan pembukaan STQ.

“Saya ke Sofifi untuk nonton pembukaan STQ,” katanya Sabtu (16/10). Saat menyeberang ke Sofifi dirinya brsama dengan keluarga. “Karena STQ ini selama ini kita hanya menonton lewat televisi, tapi hari ini kita bisa nonton langsung baru pertama kali di Sofifi,” terangnya.
Mereka bahkan rela mengantri di pelabuhan sebelum berangkat ke Sofifi, karena rasa ingin tahu pelaksanaan STQ baru pertama kali di Maluku Utara ini. “Kalau memungkinkan kami langsung balik kalau tidak biar nanti bermalam di Sofifi saja, nanti besok (Minggu) baru balik,” tegasnya.(cim)

Baca juga:  Pasien Positif Covid-19 Kabur dari Hotel di Ternate
error: Content is protected !!