155 Cakades Siap Bertarung, 34 Tidak Lulus

Wenas Rompis

TOBELO – Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tingkat kabupaten, mengumumkan Calon Kepala Desa (Cakades) yang akan bertarung di Pilkades tahun 2021. Untuk desa Gosoma akan dilaksanakan Pilkades terlebih dahulu pada tanggal 21 Oktober sementara 154 desa lainnya akan melaksanakan pada 25 Oktober mendatang.

Berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan panitia kabupaten nomor : 141/11/PAN-Pilkades/HU/2021 tertanggal 18 Oktober 2021 tentang bakal calon yang lulus test peraturan baris berbaris, test wawancara dan test tertulis pada Pilkades tahun 2021.

Sesuai hasil pengumuman yang ditandatangani Ketua Panitia Pilkades Wenas Rompis tersebut menyebutkan, jumlah yang mengikuti tes sebanyak 189 Cakades dari 13 kecamatan atau tepatnya dilaksanakan di 54 desa, yang lulus seleksi sebanyak 155 orang dan tidak lulus sebanyak 34 orang. Panitia memberikan skor nilai 1 hingga 59 dinyatakan tidak lulus, dan skor nilai 60 hingga 100 dinyatakan lulus.

Baca juga:  Usul 1 Miliar Untuk Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada

Sebelumnya, kepada sejumlah media, Kepala DPMD Halut Wenas Rompis menyebutkan, penilaian dilakukan sesuai dengan kriteria yang diatur yang dilakukan lewat test yang dilaksanakan di SMA 6 Halut.

“Iya, semuanya diumumkan secara terbuka dan dapat dilihat siapa yang lulus dan tidak. Sementara yang lulus akan mengikuti Pilkades,” jelasnya. Amatan wartawan, sejumlah masyarakat yang datang melihat isi pengumuman Cakades di kantor Bupati tepatnya di kantor DPMD Halut, ada yang kecewa bahkan ada juga senang karena calon yang diidolakan lulus dalam seleksi. (fer)

error: Content is protected !!