Listrik Padam, Pelayanan RSUD Dikeluhkan

RSUD Sanana

SANANA – Akibat sering terjadi pemadaman listrik, keluarga pasien kembali keluhkan pelayanan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula.

Pada Jumat (15/10/2021) malam, beberapa kali terjadi pemadaman listrik. Anehnya, di tempat vital semacam itu tidak menyediakan mesin genset untuk langkah antisipasi. “Iya benar, listrik padam beberapa kali. Di rumah sakit juga ikut mati. Semua ruangan sangat gelap. Kan kita sangat khawatir dengan kondisi keluarga yang dirawat di RSUD,” kata Ahmad, keluarga pasien kepada wartawan, Minggu (17/10/2021).

Ahmad mengatakan, harusnya di rumah sakit menyediakan mesin listrik yang otomatis. Ketika terjadi pemadaman, mesin di rumah sakit langsung dinyalakan. “ Kan aneh, kalau rumah sakit tidak sediakan listrik cadangan,” semprotnya.

Baca juga:  RSUD Labuha Rawat 21 Pasien Covid-19

Yang paling ditakutkan, dia menambahkan, di rumah sakit ada pasien yang kondisi sangat kritis, tiba-tiba terjadi pemadaman listrik. Itu sama halnya dengan mengancam nyawa pasien. “Sangat disayangkan jika ada pasien kritis, bisa jadi nyawanya hilang akibat tidak ada bantuan listrik,” ungkap Ahmad.

Sementara Plt. Direktur RSUD Sanana, Marini M. Nur Ali mengatakan, mesin genset di rumah sakit memang disediakan. Hanya saja ada alatnya yang rusak dan lagi dipesan alatnya. Tapi tadi (kemarin, red) sudah pakai genset dari luar untuk tangani kebutuhan listrik di RSUD, sambil menunggu alatnya tiba di Sanana. “Kami juga sudah pengadaan mesin baru, sementara sedang diproses,”  katanya.(nai)

Baca juga:  Puluhan Petugas Dinkes Ternate Ikut Pelatihan Pengawasan Kesehatan Lingkungan di Manado
error: Content is protected !!