Lagi, Satu Pelaku Pemerkosaan Ditangkap

Salah satu pelaku yang berhasil diringkus tim Resmob Cokaiba Polres Halteng

WEDA – Pelaku pemerkosaan terhadap korban NU (18) hingga meninggal dunia, bertambah dari empat orang menjadi lima orang, setelah aparat kepolisian dari Polres Halteng berhasil membekuk seorang pelaku pada Rabu (20/10/2021) pukul 00.15 WIT.

Penangkapan tersangka tersebut dibenarkan Kapolres Halteng, AKBP Nico A. Setiawan pada Selasa (19/10/2021). Nico mengaku penangkapan itu dilakukan oleh Anggota Resmob Cokaiba yang dipimpin KBO Sat Reskrim IPDA Frangky Waisapi dan Kanit Resmob Cokaiba Bripka HS Kotta, yang melakukan pengejaran terhadap seorang tersangka kasus Pemerkosaan yang pada saat di Cek Pos sedang berada di Desa Gam Sidangoli, Kecamatan Jailolo Selatan, Kabupaten Halmahera Barat. “ Sesampainya di rumah tersangka dan bertemu dengan kakak tersangka, namun menurut keterangan dari  kakak tersangka tersangka MJ (20) sudah kembali ke Desa Lelilef, Kecamatan Weda Tengah tempat dia bekerja,” ucap Kapolres.

Dikatakannya, Anggota Resmob Cokaiba kemudian menghubungi Tim Unit 1 Resmob Cokaiba yang berada di Weda untuk melakukan penangkapan.  Pada pukul 00.15 Wit, anggota berhasil mengamankan seorang tersangka kasus pemerkosaan di kos-kosan milik tersangka, di Desa Lelilef Sawai, Kecamatan Weda Tengah. Selanjutnya Unit 1 Resmob Cokaiba yang dipimpin Bripka Abd Karim Latuamury kemudian membawa seorang tersangka itu ke Polres Halteng untuk di mintai keterangan lebih lanjut.

Kini pelaku pemerkosaan telah bertambah menjadi lima orang, diantaranya diketahui berinisial DN asal Halbar (22), DK (22) asal Tidore Kepulauan dan OG (21) berasal dari Obi, Halmahera Selatan, HN (22) asal Halmahera Barat dan satu orang baru diamankan berinisial MJ asal Halbar (20).

Penangkapan seorang pelaku perkosaan juga dibenarkan Kabid Humas Polda Malut Kombes Pol. Adip Rojikan. Dia mengatakan, Polda Maluku Utara intens melakukan monitoring atas kasus tindak pidana perkosaan di Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng). Monitoring kasus perkosaan itu sebelumnya empat pelaku berhasil diringkus oleh Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Halteng, kini bertambah satu orang pelaku sehingga totalnya menjadi 5 orang.   “ Polda terus melakukan monitoring sehingga sejauh ini sudah lima orang diringkus, dan telah ditetapkan tersangka,” kata Adip Rojikan kepada media ini, Rabu (20/10/2021).

Dikatakan, bertambahnya pelaku kasus pemerkosaan itu, maka Polda Malut merencanakan akan memanggil Kapolres Halteng untuk memaparkan penanganan kasus tersebut supaya lebih terang.“ Rencananya besok Jumat ini, Kapolres Halteng akan dipanggil ke Polda untuk memaparkan perkembangan kasus itu,” ujar Adip.

Juru bicara Polda Malut ini juga menegaskan, meski totalnya sudah 5 pelaku yang diringkus Reskrim Polres Halteng, namun tetap dilakukan monitoring tentang dugaan informasi adanya satu orang lagi yang masih buron. “Untuk dugaan satu pelaku yang dinyatakan masih buron itu, akan terus dialami oleh tim penyidik Polres Halteng,” tandas Adip.  (udy/dex)

Komentar

error: Content is protected !!