Distan Halteng Bimtek Inovasi Teknologi Pasca Panen

Kadistan Halteng saat memberikan bimtek pasca panen

WEDA – Dinas Pertanian (Distan) Pemkab Halmahera Tengah (Halteng), melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) penyuluh petani tentang inovasi teknologi pasca panen, dan pengolahan buah pala.

Kadis Pertanian Halteng, Yusmar Ohorella menyampaikan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani terhadap produk pala, serta melahirkan petani unggul.

Yusmar berharap, petani yang terlibat dalam kegiatan penyuluhan itu dapat menyerap ilmu yang diberikan, mampu memanfaatkan pala sehingga diolah menjadi sirup, selai pala, dan sari pala.

Selain itu, mantan Kabag Humas dan Protokoler ini berharap, kelompok petani dapat mengajak serta mengajarkan ilmu yang didapat pada kegiatan bimtek penyuluhan kepada kelompok tani di masing-masing desa. “Semua ini dalam rangka melahirkan petani unggulan, membuka lapangan kerja baru, serta meningkatkan pendapatan petani,” ujar Yusmar.

Baca juga:  Distan Halteng Optimis Tekan Inflasi Daerah

Yusmar menjelaskan, tahun 2022 pihaknya akan kembali menggelar kegiatan serupa. Kegiatan yang berlangsung di aula Balai Penyuluhan, kompleks perkantoran kilo meter 3, desa Fidi Jaya kata dia, masih terbatas dengan hanya melibatkan beberapa kelompok petani di Kecamatan Weda. “Nantinya kegiatan seperti ini akan kita libatkan kelompok petani di Kecamatan lain,” jelasnya. (udy)

error: Content is protected !!