Pelantikan Kepsek Bakal Dilakukan

Samin Marsaoly

TERNATE – Pemerintah kota Ternate telah  mengagendakan pelantikan kepala sekolah SD dan SMP di Kota Ternate, selain pelantikan Kepsek, pekan depan Pemkot Ternate berencana sudah mengumumkan proses lelang terhadap tujuh jabatan di Pemkot Ternate, karena telah mendapat lampu hijau dari Komisi ASN.

Kepala BKPSDMD Kota Ternate Samin Marsaoly mengatakan, rencananya Pemkot melakukan rotasi, mutasi, promosi dan demosi terhadap ratusan Kepsek SD dan SMP di Kota Ternate.

Bahkan kata dia, pihaknya telah mengantongi daftar nama Kepsek yang akan dilantik dalam waktu dekat ini. Dan jadwal pelantikan Kepsek SD dan SMP akan dilakukan setelah pelaksanaan ujian maupun ulangan pada pertengahan bulan ini. “Kita tunggu sekolah selesai melaksanakan ujian semester, baru proses rolling dilakukan. Nama Kepsek yang bakal dilantik juga sudah dipersiapkan,” katanya, Selasa (01/12/2021).

Baca juga:  Belum Difungsikan, Gedung SIKM Halmahera Barat Mulai Rusak 

Dia memastikan, sebanyak puluhan SD dan SMP di Kota Ternate yang bakal memiliki Kepsek baru. Namun dia belum dapat memastikan waktu pelaksanaan pelantikan. “Datanya sudah ada, kalau waktunya belum ditentukan, tapi yang pasti dalam waktu dekat, bisa minggu depan, setelah ujian atau ulangan,” katanya.

Pelantikan Kepsek SD dan SMP di Kota Ternate ini dilakukan sebagai upaya penyegaran dan pelantikan ini juga bertujuan memperbaharui dan meningkatkan kinerja kepala sekolah dan mutu Pendidikan. Karena peningkatan mutu pendidikan  jadi bagian dari 14 Program prioritas Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate yang tertuang dalam program RPJMD Pemkot Ternate.

Selain pelantikan kepsek, pihaknya kata Samin, sedang menyiapkan rencana lelang terbuka terhadap tujuh jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Pemkot Ternate yang saat ini dijabat pelaksana tugas. “Kami sudah mendapatkan lampu hijau dari KASN dan saat ini tengah menyiapkan Peraturan Walikota (Perwali) terkait lelang tersebut,” ungkap dia.

Baca juga:  UMMU MoU dengan Ibadat Internasional University Pakistan

Menurut mantan Kadispar Malut ini,  panitia seleksi (Pansel) kali ini berbeda dengan yang sebelumnya, sebab Pemkot menginginkan mereka yang lolos nanti adalah yang berkualitas dan siap bekerja mendukung program Ternate Andalan.  “Panselnya ada Rektor Universitas Khairun, Rektor UMMU ditambah Kepala BKN Regional XI Manado serta dua orang lainya dari unsur Pemerintah Daerah,” terangnya.

Dia menegaskan, ditargetkan pada pekan depan nanti pihaknya sudah melakukan pengumuman lelang terbuka dan seluruh tahapan sudah mulai berjalan.  Karena pihaknya menargetkan sebelum tahun anggaran berjalan dengan RPJMD yang baru, para Pejabat dari hasil lelang terbuka ini sudah dilantik. “Semoga tidak ada masalah dalam arti peminatnya banyak dan yang menjadi syarat bisa dipenuhi sehingga semuanya berjalan lancar, “ pintanya.

Baca juga:  CPM Pantau Ujian di SD Inpres Bobong

Dia menyebutkan, tujuh jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang di lelang nanti menempati posisi Kepala BP2RD, BPKAD, Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Kebudayaan serta Sekretaris DPRD Kota Ternate. “Pak Wali menginginkan jabatan ini tidak lagi diisi oleh Plt, sehingga bisa lebih maksimal dalam bekerja dan ikut mengambil keputusan strategis,” tutupnya.(cim)

error: Content is protected !!