Puluhan ASN Pemkot Ternate Terancam Dipecat

Kantor Walikota Ternate

TERNATE – Sebanyak 42 ASN di Pemerintah kota Ternate tidak diketahui keberadaannya, ini setelah dilakukan pemutakhiran data mandiri (PDM). Bahkan dari hasil penelusuran yang dilakukan, baru ditemukan tiga orang, sisanya sebanyak 39 orang tidak diketahui, mereka ini selain terancam pemutusan gaji juga terancam dipecat.

Kepala BKPSDM Kota Ternate Samin Marsaoly menyebut, dari pemutakhiran data mandiri yang dilakukan, terdapat 42 orang ASN yang bertugas di Kota Ternate tidak diketahui keberadaannya.

“Secara administrasi ada, tapi secara fisik yang bersangkutan itu setelah kita telusuri kita baru dapatkan tiga orang,” katanya, Senin (14/12/2021).

Dengan begitu, kata Samin, masih sebanyak 39 orang yang harus dicari tahu keberadaannya, dan tiga orang yang didapatkan itu dua orang bertugas di kantor lurah dan satunya di Dinas Perhubungan. “Ternyata yang bersangkutan itu sudah satu setengah tahun sakit di Bacan, ini juga butuh kerja sama dari pimpinan OPD sekiranya yang bersangkutan itu disampaikan bahwa kita ada pemutakhiran data sehingga kalau dia sakit bisa dikelola adminnya terkait pengisian data mandiri,” ungkapnya.

Baca juga:  Berkas 12 Orang Calon Anggota Bawaslu Malut Dinyatakan Tidak Lengkap

Bahkan kata Samin, ada juga yang masih dipenjara kasus narkoba, itu yang bertugas di kantor lurah kemudian kata dia ada juga pegawai yang dititipkan keluar karena mengikuti suami. “Jadi kita akan terus telusuri, karena pegawai yang cukup lama ini tidak melaksanakan tugas berapa kerugian negara akibat dari ketidakaktifan,” ucapnya.

Menurutnya, mereka ini bahkan puluhan tahun tidak berkantor, mestinya mereka ini diberikan sanksi. “Makanya di kali ini saya tidak ada toleransi, kalau kita telusuri dan tidak ada orangnya atau tidak melaksanakan tugas tanpa ada alasan yang jelas, kita proses pemberhentiannya. Jadi dalam berapa hari ke depan ini kita lacak keberadaannya, kita akan proses pemutusan gaji yang bersangkutan,” tegasnya. (cim)

Baca juga:  89 Peserta Seleksi Bawaslu Malut Lengkapi Berkas, Besok Timsel Koordinasi Rektor UMMU
error: Content is protected !!