Tutup Tahun Pemkot Ternate “Cuci Gudang”

Pelantikan yang dilakukan Pemkot Ternate jelang pergantian tahun

Ratusan Pejabat Fungsional Dilantik

TERNATE – Pada hari terakhir tutup tahun, Pemkot Ternate melantik sebanyak 200 orang pada jabatan fungsional sesuai dengan SK Wali Kota Ternate nomor 800/KEP/4941/2021 tentang Penyetaraan Jabatan Administrasi Pegawai Dalam Jabatan Fungsional Umum Di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Ternate.

Pelantikan pejabat fungsional umum ini untuk menjalankan apa yang menjadi amanah dari Permenpan nomor 17 tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. Dimana terdapat sebanyak 226 jabatan yang direkomendasikan oleh Mendagri dengan nomor 800/8791/OTDA tertanggal 30 Desember 2021, namun dari jumlah itu sebagiannya nama dalam jabatan yang disetarakan sudah dipromosikan ke jabatan eselon III dan sebagiannya sudah mutasi ke tempat lain, sehingga pelantikan yang dilakukan di aula kantor Walikota pada Jumat (31/12) malam oleh Asisten I Muhdar Din hanya sebanyak 200 orang.

Baca juga:  Berkas Siti Hardiyanti Dipalsukan, Ibnu Dianggap Biang Kerok  

Mereka yang dilantik masing-masing di Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Bappelitbangda,  BKPSDM, BPKAD, BP2RD, Kesbangpol, BPBD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja, Dukcapil, Diskomsandi, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, DPMPTSP,  Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan DLH.

Sementara OPD lain belum dilantik karena masih menunggu persetujuan dari Mendagri diantaranya Dinas Perhubungan, Dispora, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perindag, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Disperkim, dan Dinas Ketahanan Pangan.

Kepala BKPSDM Kota Ternate Samin Marsaoly mengatakan, pelantikan sendiri berdasarkan pada SK Mendagri, namun dalam SK Mendagri itu ada pejabat yang sudah dipromosikan ke eselon III namun namanya masih ada, begitupun sebagiannya nama double bahkan ada yang mutasi ke luar Ternate dan hal ini sudah di konfirmasi nantinya akan dilakukan sehingga yang dilantik semalam sekitar 200 orang. “Itu belum semua di Pemerintah Kota, karena ada sebagian jabatan yang belum terisi,” katanya Sabtu (1/1) tadi pagi.

Baca juga:  Tiga Pejabat Pemkot Ternate Masuk Usia Pensiun

Samin menjelaskan, pelantikan yang dilakukan itu untuk menindaklanjuti apa yang jadi amanah dalam Permenpan-RB nomor 17 tahun 2021 yang ditindaklanjuti dengan persetujuan Mendagri nomor 800/8791/OTDA. “Kenapa ini dilakukan karena mulai 1 Januari itu tidak ada lagi jabatan eselon IV, kemudahan yang di dapat itu kenaikan pangkat ASN ke depan nanti khusus untuk itu tidak ada lagi kenaikkan pangkat pejabat struktural tapi semuanya fungsional dua tahun sekali, untuk besaran tunjangannya kami masih menunggu peraturannya,” jelasnya.

Untuk jumlah jabatan struktural di Pemkot Ternate yang harusnya di setarakan itu kata Samin, jumlah mencapai 300 lebih namun yang keluar persetujuannya baru 226, tapi jumlah itu sebagiannya sudah dipromosikan ke eselon III, hal ini nantinya dilaporkan ke Kemendagri kalaupun diminta daerah untuk mengisi maka langsung diisi sesuai dengan kepangkatan dan pendidikan. “Jadi tidak ada masalah, jadi dalam waktu dekat yang belum itu akan menyusul. Jadi karena belum ada persetujuannya dia masih tetap melaksanakan pekerjaan-pekerjaan itu kalau sudah ada maka akan dilakukan penyederhanaan,” tandasnya.(cim)

Baca juga:  Timsel Gelar Sosialisasi Penjaringan Calon Anggota Bawaslu Malut
error: Content is protected !!