PT. NHM Prioritaskan K3 Dalam Bekerja

Apel semangat K3

TOBELO  – Semangat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terus digelorakan dalam seluruh aktivitas kerja karyawan PT Nusa Halmahera Minerals (PT.NHM) bahkan juga beserta para karyawan perusahaan mitra kerja dalam melaksanakan aktivitas di tambang emas Gosowong yang berlokasi di Kabupaten Halmahera Utara (Halut).

Departemen Komunikasi PT. NHM menyebutkan, semangat tersebut kembali ditingkatkan pada apel bersama pembukaan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional/ BK3N 2022 yang berlangsung di Gosowong, pada Rabu (12/01/2022) pekan kemarin.

Wakil Direktur Operasi/Kepala Teknik Tambang (KTT) PT NHM, Amiruddin Hasyim menyebutkan sudah menjadi komitmen bersama bagi Manajemen PT .NHM beserta seluruh karyawan dan mitra kerja untuk menjaga kesejahteraan, kesehatan dan keselamatan setiap orang, serta menjaga kualitas lingkungan. Menurutnya dengan visi Sehat – Selamat – Hijau akan dapat dicapai melalui upaya terbaik dari setiap orang.

Baca juga:  Jabatan Ketua DPRD Halut Berganti

Sementara itu, General Manager Perencanaan dan Produksi PT.NHM, Rado Lawolo dalam pembukaan apel tersebut menyebutkan, K3 dilakukan untuk mencegah dan mengurangi terjadinya insiden dan penyakit akibat kerja, serta menjamin setiap tenaga kerja dan orang lain di sekitarnya mendapat perlindungan atas keselamatannya. 

Selain itu, K3 juga turut menjamin proses produksi dapat berjalan secara aman dan lancar. “Bila dalam upaya menanggulangi Covid-19 kita mengenal istilah 3M, maka dalam pelaksanaan K3, kita buat istilah 3N, yaitu; Nihil Kecelakaan Kerja; Nihil Pelanggaran Norma K3, dan; Nihil Penindakan Hukum K3,” terangnya.

Usai apel bersama, para karyawan dan mitra kerja PT NHM menyaksikan persembahan demonstrasi respon cepat Tim Tanggap Darurat (Emergency Response Team/ERT) PT NHM dalam latihan menangani insiden akibat kebocoran sianida. 

Baca juga:  Dandim dan Kapolres Sidak Kartu Vaksin

Anggota tim secara sigap memperagakan cara menangani korban di lokasi, mengelola situasi di hot, warm dan green zone, serta meminimalisir potensi kontaminasi sianida terhadap anggota tim dan lokasi sekitarnya.

Selain itu, berbagai rencana kegiatan lainnya dalam rangka menyambut BK3N 2022 di Gosowong antara lain adalah Pameran Keselamatan Pertambangan antar departemen dan mitra kerja, lomba-lomba K3 seperti penilaian Kinerja K3 Terbaik, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Bekerja di Ketinggian, Cerdas Cermat K3, dan lain-lain.

Kedepan juga akan ada aksi sosial donor darah, baik di Gosowong maupun di kantor Indotan Jakarta, seminar dan diskusi terkait K3 dan lain-lain. Semuanya dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran K3 semua karyawan dan mitra kerja.(fer) 

Baca juga:  Rumdis Pimpinan DPRD Halut Mulai Dibangun
error: Content is protected !!