Wali Kota Ternate Konsultasi Calon Sekwan ke DPRD

Wali Kota Serahkan Tiga Nama Calon Sekwan DPRD Kota Ternate

TERNATE – Pemkot Ternate setelah mengantongi persetujuan KASN atas seleksi terbuka atau lelang JPT terhadap 7 OPD yang dilakukan pada beberapa waktu lalu.

Dimana sesuai dengan surat persetujuan dengan nomor B-245/KASN/1/2022 tentangan rekomendasi hasil seleksi terbuka JPT Pratama lIngkungan Pemerintah Kota Ternate tertanggal 19 Januari 2022 di teken oleh Ketua KASN Agus Pramusinto, dan pejabat hasil seleksi terbuka yang dikirim Pemkot pada tujuh jabatan sudah disetujui.

Mengantongi surat itu, Wali Kota M. Tauhid Soleman yang didampingi oleh Sekda Ternate Jusuf Sunya dan Kepala BKPSDM Samin Marsaoly langsung berkonsultasi ke DPRD Kota Ternate untuk jabatan Sekretaris DPRD.

Kepala BKPSDM Kota Ternate Samin Marsaoly mengatakan, konsultasi Pemkot Ternate dengan pimpinan DPRD dilakukan sesuai amanah peraturan pemerintah (PP) nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, Pemda wajib mengkonsultasikan, hal yang sama juga disebutkan dalam PP nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen ASN bahwa untuk seleksi pengisian JPT atau eselon II khusus pada jabatan Sekretaris DPRD di konsultasikan setelah pansel melakukan seleksi JPT.

“Setelah kita kantongi rekomendasi KASN tentang persetujuan hasil lelang kita konsultasikan,” katanya Jumat (21/1/2022). Dikatakannya, dalam konsultasi itu pihaknya menyampaikan seluruh surat salah satunya termasuk persetujuan KASN terhadap pelaksanaan lelang dan surat Wali Kota. 

“Hasil seleksi ini nantinya jadi pedoman oleh pimpinan DPRD, karena dalam ketentuan itu menyebutkan sebelum melakukan penetapan atau pelantikan khusus Sekwan, di konsultasikan dengan pimpinan DPRD, kedepannya mekanisme seperti apa itu nanti internal DPRD,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dalam waktu tiga hari ke depan hasilnya sudah di dapat, karena hal itu perintah ketentuan sehingga dalam pekan depan sudah dapat dilantik pejabat dari hasil lelang jabatan yang dilakukan beberapa waktu lalu termasuk Sekwan.

“Dan tadi kita sudah konsultasikan tiga nama, itu dari hasil lelang jabatan yang dilakukan secara terbuka oleh pansel. Mereka diantaranya Aldhy, Fahri Fuad, M Ihsan Hamzah kami berharap dalam tiga sampai empat hari kerja sudah mendapatkan surat balasan dari konsultasi tadi, kalau sudah selesai dalam waktu dekat kita lakukan pelantikan,” tandasnya.

Terpisah Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailussy mengatakan, sesuai ketentuan setelah konsultasi pemerintah, pihaknya akan melakukan rapat konsultasi dengan fraksi jadwal rapat dengan fraksi sendiri sudah di minta ke Plt. Sekwan untuk mengagendakan pada Senin pekan depan. “Jadi nanti ada pandangan dari tiap fraksi,” tegasnya. (cim)

Komentar

error: Content is protected !!