Jelang Idul Fitri, Polsek Oba Gelar Razia Miras

Barang bukti miras yang diamankan

WEDA – Dalam rangka meminimalisir terjadinya konflik jelang hari raya idul Fitri 1443 H membuat Polsek Oba dan Subsektor Oba Selatan melaksanakan razia minuman keras (miras), Jumat (29/4) sekitar pukul 11.00 Wit. 

Razia tersebut dilakukan dalam rangka meminimalisir terjadinya perkelahian antar kampung (tarkam) pada saat Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Pasalnya berkaca di wilayah Kecamatan Oba sudah pernah terjadi pada hari Raya Idul Fitri 1442 Tahun 2021 perkelahian terjadi antara Desa Toseho dan Desa Tului dan kejadian tersebut pemicu utama adalah minuman keras.

Razia tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Oba Iptu Safra Djohra. Dimana sebelum terjun lapangan kegiatan diawali dengan AAP (anjungan arahan pimpinan) oleh Kapolsek Oba Iptu Safra Djohra kepada seluruh anggota Polsek Oba dan Subsektor Oba Selatan.

Menurut Kapolsek Oba Iptu Safra Djohra bahwa razia miras dipusatkan di sejumlah titik di wilayah Oba dan Oba Selatan yang dipimpin Danpos Oba Selatan Aipda Jusmin Lasaponda dan Kanit Sabhara Polsek Oba Aipda Rustam Hi. Husen bersama anggota melaksanakan patroli razia dan himbauan kepada masyarakat Kecamatan Oba Selatan dengan Rute Dusun Lomaito Desa Lifofa, Dusun Bringin Desa Selamalofo dan Dusun Toe Desa Kususinopa. 

“Sebagaimana diketahui tiga lokasi itu sebagai tempat produksi minuman keras di wilayah Oba dan Oba Selatan,” ucap AA Djohra biasa Kapolsek Oba disapa.

Dalam patroli razia tersebut Danpos dan Kanit Sabhara menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tidak menjual dan mengkonsumsi minuman keras. 

“Karena di wilayah Oba dan Oba selatan apabila terjadi konflik setelah ditelusuri akar permasalahan diawali dengan mengonsumsi minuman keras jenis cap tikus sehingga kami meminta agar masyarakat tidak memproduksi minuman keras,” tuturnya.

“Apabila ada masyarakat yang menjual maka segera dilaporkan untuk ditindaklanjuti karena di Kota Tidore Kepulauan ada Perda yang mengatur larangan menjual dan mengkonsumsi minuman keras baik Cap Tikus dan jenis lainnya,” tegasnya.

Dikatakannya bahwa dalam giat tersebut, Danpos Oba Selatan beserta anggota mengamankan kurang lebih 30 kantong plastik minuman keras jenis Cap Tikus di rumah kebun Desa Lifofa Kecamatan Oba Selatan yang tidak diketahui pemiliknya.  “Danpos dan anggota langsung mengamankan barang bukti tersebut untuk diamankan di Mako Polsek Oba,” akunya.

AA Djohra juga mengatakan pada 16.00 Wit, Danpos Oba Selatan beserta anggota kembali ke Polsek Oba untuk melaksanakan razia di depan Mako Polsek Oba tepatnya di perempatan kelurahan Payahe  di bawah Pimpinan Kapolsek Oba.

Dalam kesempatan itu juga, Iptu Safra Djohra menghimbau kepada masyarakat yang berkendara agar mematuhi aturan lalu lintas dengan menggunakan helm, memakai masker, apabila berkendara roda dua kecepatannya jangan terlalu tinggi karena di daerah Oba kebanyakan laka lantas akibat tidak terkontrol kecepatan kendaraan. “Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar melaksanakan vaksin,” katanya.
Diketahui pula, kegiatan razia diikuti oleh seluruh anggota Polsek Oba dan diawasi Kanit Provos Polsek Oba Aipda Rasyid Latupono. (udy)

Komentar

error: Content is protected !!