Bupati Halmahera Timur Serahkan Bantuan Alat Tangkap Perikanan

Penyerahan bantuan alat tangkap perikanan

MABA –  Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim)  Ubaid Yakub MPA menyerahkan bantuan alat tangkap perikanan dari PT. IWIP kepada kelompok nelayan desa Nusa Jaya dan desa ekor Kecamatan Wasile Selatan.

Penyerahan alat tangkap perikanan kepada 20 nelayan itu dihadiri oleh  Super Intenden PT IWIP Igd Pandu Wirawan, Supervisor PT. IWIP Abdullah Pikahulan, Kadis Perikanan Haltim, Hadija Talib SP, M.Si, Camat Wasile Selatan, Kades Nusa Jaya, Kades Ino Jaya serta Kades Akejawe dan kelompok nelayan desa nusa jaya dan desa ekor.

Bupati Ubaid Yakub mengharapkan kepada 20 nelayan penerima bantuan alat tangkap perikanan itu agar dapat difungsikan sebagaimana bantuan yang berikan.

“Mudah-mudahan bantuan ini ditingkatkan terus dan sebagaimana yang sudah disampaikan oleh pihak manajemen PT. IWIP bahwa akan ada kegiatan lanjutan dalam bentuk pelatihan,” harap Ubaid, Jumat (13/05/2022).

Kata Ubaid, kepala desa Nusa Jaya dan kepala desa Ekor sudah harus berpikir terkait hasil tangkap dari 20 nelayan ini akan dikemanakan, sehingga dengan hasil tangkap yang banyak dapat juga penghasilan yang terarah menjadi semangat pencaharian bagi nelayan.

“Maka sudah saatnya kita hadirkan kelompok badan usaha dalam bentuk BUMDes di desa Nusa Jaya maupun Ekor,” katanya.

Dirinya berharap kepada Manajemen PT IWIP dan WBN agar bantuan seperti ini tidak hanya difokuskan ke perikanan akan tetapi juga pendidikan, kesehatan dan infrakstruktur jalan dan jembatan.

“Saya berharap sinergi ini tetap berjalan sehingga kedepan bantuan seperti ini tidak hanya mengarah ke bantuan perikanan tetapi juga ke bantuan lain,” harap Ubaid.

Sementara itu, Super Intenden PT IWIP Igd Pandu Wirawan mengatakan, program bantuan alat tangkap perikanan adalah merupakan hasil diskusi antara PT IWIP bersama stakeholder dua desa sehingga memutuskan untuk pemberian bantuan alat tangkap.

“Sehingga pada hari ini (kemarin) kita realisasikan bantuan berupa perahu katinting sekaligus mesin kepada nelayan dua desa ini,” katanya.

Lanjut dia, beberapa bulan lalu pada saat berdiskusi dengan Bupati dan disampaikan bahwa program yang berhasil adalah program yang berkelanjutan. Untuk diketahui, penyerahan bantuan ini merupakan program pemberdayaan nelayan kecil  desa Ekor dan desa Nusa Jaya. (Hmi)

Komentar

error: Content is protected !!