Nelayan Jambula Ternate Yang Hanyut Diselamatkan Basarnas Ternate

Basarnas Ternate Selamatkan Nelayan Jambula (Foto Tim Basarnas)
Basarnas Ternate Selamatkan Nelayan Jambula (Foto Tim Basarnas)

TERNATE– Seorang nelayan asal kelurahan Jambula Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara atas nama Ikrar Robo (48) dilaporkan hanyut terbawa arus saat memancing di rompon. Hal ini diketahui setelah Kantor Pencarian Dan Pertolongan Ternate mendapat laporan tersebut pada Jumat (13/05/22).

Kata Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah menjelaskan, kronologis berawal pada pukul 10.00 WIT, korban keluar memancing menggunakan longboat di rompong yang berada di sekitaran perairan Jambula.

“Namun pada pukul 14.00 WIT, terjadi hujan deras disertai angin kencang lalu pihak keluarga mencoba menghubungi korban via HP dan mendapatkan informasi bahwa longboat korban mengalami mati mesin dan hanyut terbawa arus dan ombak,” katanya.

Menurut Arafah, pada pukul 19.24 WIT, Tim Rescue Basarnas Ternate langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian menggunakan Kapal KN. SAR 237 Pandu Dewanata untuk melaksanakan pencarian terhadap korban setelah menerima laporan pihak keluarga.

“Pukul  20.15 WIT, Tim Rescue Basarnas Ternate berhasil menemukan korban pada koordinat  kurang lebih 4.51 NM arah timur laut dari lokasi kejadian dalam keadaan selamat, selanjutnya korban dievakuasi menuju Pelabuhan A. Yani Ternate. Sekitar pukul  21.30 WIT, tim tiba di Pelabuhan A.Yani Ternate, dan korban diserahkan ke pihak keluarga,” ungkapnya. Dikatakannya, dengan ditemukannya korban maka operasi SAR ditutup, selanjutnya semua unsur dan potensi yang terlibat dikembalikan ke masing-masing kesatuan.(cim)

Komentar

error: Content is protected !!