Bantuan Keuangan Parpol di Halmahera Utara Bertambah

Bantuan Parpol (Ilustrasi)

TOBELO – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Halmahera Utara (Halut)  segera mempersiapkan rancangan untuk menaikan bantuan keuangan Partai Politik (Parpol) pada tahun 2023 mendatang. 

“Sesuai instruksi Bupati, kami akan segera mempersiapkan rancangan untuk menaikan bantuan Parpol,” jelas Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Halut, Drs. Fredrik N. Sahetapy, kepada sejumlah wartawan, di ruang kerjanya,  Kamis (02/05/2022).

Fredrik menjelaskan, dari realisasi bantuan untuk setiap suara dari parpol untuk tahun sebelumnya hingga tahun 2022 diberikan sebesar Rp 7.100, namun dalam rancangan pada tahun depan nantinya, akan diberikan kurang lebih Rp15.000 hingga Rp 20.000 setiap suara yang dihitung dari parpol yang perwakilannya duduk di kursi DPRD. 

Baca juga:  DPRD dan Pejabat Eselon II Tidak Dapat THR

“Untuk penambahan bantuan dana tersebut, telah disampaikan ke bidang yang menanganinya untuk mempersiapkan administrasi sedini mungkin, sehingga ketika masuk dalam pengusulan sudah dipersiapkan,” terangnya. 

Menurutnya, sudah selayaknya adanya penambahan dana bagi parpol dilakukan, pasalnya aturan jelas memberikan kewenangan dan dapat diberikan tergantung keuangan daerah. 

“Di Maluku Utara saat ini yang lebih besar dalam memberikan bantuan keuangan ke parpol sebesar Rp 20.000 setiap suara, hal ini sudah patut dilakukan, sebab kata Bupati bahwa APBD Halut sudah mencapai Rp 1 triliun lebih sehingga perlu dinaikan bantuan dana bagi parpol,” jelasnya.  

“Sementara itu, setelah diberikan secara simbolis, kini seluruh parpol harus menyampaikan seluruh dokumen guna permintaan dana bantuan. Saat ini PAN sudah dimasukan dan selanjutnya akan berproses, 11 parpol lainnya wajib mengajukan permintaannya ke Kesbangpol,” imbuhnya. (fer)

Baca juga:  Kampanye Perdana PDIP di Morotai, Ayah Erik Guncang Daeo
error: Content is protected !!