Satgas Organik Yonarhanud Sudah Terima 32 Senpi Rakitan 

Penyerahan Senjata Rakitan kepada Satgas yon Arhanud

TOBELO – Selama 3 bulan bertugas di wilayah Maluku Utara, Satgas Yon Arhanud 3/YBY terus menerus melakukan pembinaan teritorial kepada masyarakat. Sampai pada Kamis (24/11/2022) lalu,  Satgas kembali menerima penyerahan 5 senpi rakitan dari masyarakat. 

Letkol Arh Achmad Yani, S.E., M.Han Komandan Satgas Yon Arhanud 3/YBY kepada wartawan menyebutkan, Komunikasi sosial dan kegiatan satgas Yon Arhanud 3/YBY bersama masyarakat semakin baik, dapat dilihat dari indikator makin banyaknya warga yang menyerahkan senjata api rakitan. “ Dengan penyerahan senjata tersebut artinya warga percaya keberadaan satgas membuat mereka merasa aman sehingga perlahan warga menyerahkan senjata,” jelasnya, Minggu (27/11/2022). 

Dijelaskannya, sejak  menginjakan kaki di Bumi Moloku Kie Raha pada 29 Agustus 2022 lalu, Satgas Yon Arhanud 3/YBY sudah menerima 32 senjata rakitan dari warga.  “Di Jajaran SSK IV pada hari Senin (14/11/2022) menerima  1 Pucuk senjata Rakitan laras panjang dari Yaffan Marau beralamat di Desa Tosoa, kecamatan Ibu Selatan, Kabupaten Halmahera Barat kepada Letda Arh Agus Mulyo Widodo dan Kopda Heri Purwadi, kemudian hari kamis (17/11/2022) juga menerima 1 pucuk senjata rakitan laras pendek dan 8 Butir munisi kaliber 4,2 mm, 2 Butir munisi kaliber 9 mm dari Jafar dari Desa Akelamo Kao, kecamatan Kao teluk, Kabupaten Halmahera Utara diterima Sertu Haryanto,” Jelas Dansatgas 

Baca juga:  Inspektorat Halut Seriusi 2 Aduan Dugaan Penyalahgunaan Anggaran Desa

Jajaran SSK II pada hari Sabtu (19/11/2022) juga menerima 1 pucuk senjata rakitan laras pendek dari Toto Suharto yang tinggal di Desa Kulojaya, Kecamatan Weda Tengah, Kabupaten Halmahera Tengah diterima Serda Wariono dan pada hari Rabu (23/11/2022)  kembali menerima  1 pucuk senjata rakitan laras pendek dari Mujamil Jubair yang berdomisili di Desa Waleh, Kecamatan Weda Utara, kabupaten Halmahera diterima oleh  Serda Yuanhari Atambua.

Ditambahkan Dansatgas Letkol Arh Achmad Yani, pada hari Kamis (24/11/2022) anggota Pos Soatobaru SSK III Praka Gatot Prasetyo, praka Alevi Nur sulton dan Pratu Ilham Firmansyah menerima senjata rakitan jenis pistol dari Ambrosius Gogugu setelah diberi pemahaman mengenai larangan menyimpan senjata api.

Baca juga:  Jumat, Empat Suku di Kao Temui DPRD

Sementara Pasi Intel Lettu Arh Dwi Iswantoro juga menjelaskan, keseluruhan penyerahan senjata rakitan, Munisi dan Bahan Peledak sampai (24/11/2022) yang sudah diterima Satgas Yon Arhanud 3/YBY berupa  Senjata Rakitan 32 Pucuk Terdiri Laras panjang 22 Pucuk dan Laras pendek 10 Pucuk, Munisi Campuran  59 Butir serta bahan peledak 4 Buah berupa Granat  3 Buah dan Ranjau  1 buah. (fer)

error: Content is protected !!