Usulan DPRD Ternate Diakomodir Sesuai Kemampuan Keuangan

TERNATE – Pembahasan dafrar inventarisir masalah (DIM) yang disampaikan DPRD terkait dengan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2023, belum juga selesai dan masih ditunda pembahasannya baru dilanjutkan pada Selasa hari ini.

Meski sejumlah DIM yang disampaikan itu telah diterima, namun tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) masih akan melakukan penyesuaian sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Kepala BPKAD Kota Ternate Abdullah H. M. Saleh mengatakan, saat ini RAPBD sampai pada tahap pembahasan DIM yang disampaikan Banggar DPRD ke TAPD, agar masalah yang disampaikan itu bisa diatasi.
Dia menyebut, TAPD nanti akan tetap menyesuaikan dengan kemampuan anggaran.

“Intinya TAPD nanti akan tetap menyesuaikan dengan kemampuan APBD, jadi tetap ditindaklanjuti sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” katanya, usai rapat pada Senin (28/11/2022) kemarin.

Baca juga:  PDIP Malut Gelar Rakerda

Menurut dia, DIM yang disampaikan DPRD itu tersebar pada sejumlah OPD di Pemkot Ternate, diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Ketahanan Pangan, BKPSDM dan Dinas Perhubungan serta sejumla OPD lain.

“Namun belum semua dibahas, dan masih ditunda sampai Selasa (hari ini) untuk dilanjutkan,” ungkapnya.

Meski begitu dia menyebut, Pemkot dan DPRD sebelum sudah menyepakati pengesahan APBD tahun 2023 akan dilakukan pada 30 November 2022, dengan sisa waktu yang ada ini pihaknya ngebut untuk melakukan pembahasan.

“Dari masukan tadi saat ini BPKAD lagi menunggu Bappelitbangda untuk melakukan penyesuaian,” tegasnya.(cim)

error: Content is protected !!