Cuaca Buruk Speed Boat Sofifi – Ternate Dievakuasi Basarnas

Sped Boat Saat Dievakuasi
Sped Boat Saat Dievakuasi

TERNATE – Sebuah sped boat dengan rute dari Sofifi menuju Ternate bermana Tuguwaer mengalami mati mesin, akibat dihantam gelombang. Hal ini terjadi pada Sabtu (7/1/2023), kejadian ini diketahui setelah Basarnas Ternate menerima laporan dari penumpang dan langsung bergerak menuju lokasi kejadian, dan berhasil melakukan evakuasi sped boat  dan penumpangnya ke Ternate.

Kondisi ini terjadi lantaran sped boat yang menggunakan tiga mesin ini dua mesinnya mengalami gangguan sehingga hanya bisa berlayar dengan satu mesin.

Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman menghimbau, kepada masyarakat dan operator speed boat maupun kapal agar tidak memaksakan berlayar saat kondisi gelombang tinggi, angin kencang dan hujan Lebat.

Baca juga:  Begini Realisasi APBN di Malut Awal Tahun 2023

Para nahkoda juga diminta untuk melengkapi prasarana alat keselamatan berlayar (life jacket, life craft, life buoy), dan tidak melebihi muatan saat berlayar, serta selalu memantau perkembangan cuaca yang dikeluarkan BMKG.

Proses Evakuasi Sped Boat

“Apabila mengalami kendala saat berlayar segera hubungi Basarnas atau instansi terkait, atau dapat menghubungi nomor emergency call Basarnas  115, WhatsApp  0813 5252 8454 atau telpon 0821 – 3120069,” pintanya.(red)

error: Content is protected !!