319 Titik PJU di Ternate Rusak Parah

TERNATE – Jumlah peneragangan jalan umum (PJU) di Kota Ternate yang mengalami rusak parah mencapai 319 titik di pemukiman warga yang tersebar pada 5 kecamatan yakni Ternate Selatan, Ternate Tengah, Ternate Utara dan Pulau Ternate serta Ternate Barat, yang butuh perbaikan. Dan tahun ini Pemkot Ternate berencana melakukan perbaikan pada PJU tersebut, dengan alokasi anggaran melalui dana insentif daerah (DID).

“Di tahun ini kita melalui Bappelitbangda sudah di dorong DID untuk fokus pada penerangan jalan umum (PJU) sebesar Rp440.000.000,” demikian disampaikan Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Ternate Mochtar, pada Rabu (25/1/2023) kemarin.

Mochtar mengatakan, anggaran Rp440.000.000 tersebut nantinya difokuskan bagi PJU dikawasan permukiman diluar perkotaan, dimana sesuai dengan zonasi pelayanan yang dibuatkan Dishub secara umum pada wilayah Ternate Selatan total PJU sebanyak 225 titik, dari jumlah tersebut rusak sebanyak 119 kemudian berfungsi 106.

Baca juga:  Data Penghalang Pemkot Ternate Beri Bantuan

“Jadi yang 106 itu dia berfungsi tapi tidak maksimal, misalkan di Ngade. Karena mantinancenya juga sudah harus dilihat,” katanya.

Selain itu kata dia, pada kecamatan Ternate Tengah dari total 208 titik PJU, rusak parah sebanyak 108 titik sementara yang berfungsi dan butuh perawatan sebanyak 100. Sedangkan Ternate Utara dari total 128 titik yang rusak parah sebanyak 66 titik, berfungsi 62 unit, untuk PJU di kecamatan Pulau Ternate dan Ternate dari 52 titik, sebanyak 26 titik rusak parah dan berfungsi tapi membutuhkan perawatan sebanyak 26 titik.

“Untuk APBD induk 2023 diluar DID itu kita masuk ke penguatan visi misi berkaitan dengan program peduli BAHIM, jadi PJU yang diarahkan pada tiga kecamatan terluar itu menggunakan solar cell. Karena kondisi PLN belum maksimal seperti dalam pulau Ternate, namun APBD nya sementara kita masih menunggu DPA,” tandasnya.(cim)

Baca juga:  DPRD Ternate Harap Kadinkes Hasil Seleksi Punya Kemampuan
error: Content is protected !!