DLH Halut Ajak Warga Bersihkan Sungai Gosoma

sungai Gosoma di kecamatan Tobelo dipenuhi Sampah

TOBELO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Halmahera Utara (Halut), mengajak seluruh pihak untuk bergotong royong dan bahu-membahu membersihkan sampah yang terdapat di sungai Gosoma di kecamatan Tobelo.

Kepala DLH Halut Yudihart Noya menyebutkan, pada tanggal 3 Maret mendatang tepatnya di sungai gosoma akan dilaksanakan pembersihan sungai yang akan melibatkan unsur TNI – Polri.

Dijelaskannya, sungai Gosoma berdasarkan kajian DLH sudah sangat parah dari sampah yang sengaja dibuang dengan tidak mempertimbangkan aspek kebersihan. “Mari pada hari Jumat mendatang kita bersama-sama membersihkan sungai dari sampah. Mari jaga sungai kita untuk kesehatan kita dan anak cucu kita,” ucapnya.

Diketahui, berdasarkan kajian DLH terdapat banyak sampah yang dibuang ke sungai sehingga berpotensi menyebabkan banjir akibat luapan sungai. Selain itu, terdapat limbah cair bervolume besar antara lain usaha rumah makan, laundry, dan pabrik tahu sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem sungai. (fer)

Baca juga:  Anggota Polres Halut Ikut Pelatihan Tenaga Tracer Covid-19
error: Content is protected !!