Ketua TP PKK Minta Kerjasama Tuntaskan Melek Baca

Ketua TP PKK Rallia Ikram Malan Sangadji foto bersama dengan siswa TK dan SD

WEDA – Ketua TP PKK, Rallia Ikram M. Sangadji mengajak semua pihak untuk menyelesaikan problem pendidikan yang ada di wilayah Halteng, termasuk di Kecamatan Pulau Gebe.

Disela-sela kunjungan kerjanya bersama PJ Bupati Halteng Ikram Malan Sangadji di Gebe pada Rabu (1/3/2023),  mendapat laporan dari Camat Gebe, Usba Madi angka melek baca bagi siswa dan siswa SD dan SMP di Gebe masih cukup tinggi. “Angka melek baca di Gebe sesuai laporan Camat itu masih cukup tinggi,” ucap Rallia.

Bahkan bukan saja siswa SD namun ada siswa SMP. “Tidak bisa baca tapi naik kelas bahkan lulus ujian sampai ke SMP ini masalah,” terangnya.

Baca juga:  Perdana, TK Bina 11 Kota Maba Wisudakan 8 Peserta Didik

Lain cerita kalau Iq anak di awah rata-rata, anak istimewa (anak dengan kebutuhan khusus) susah menangkap untuk membaca. Tapi kalau anak ini normal lalau tidak bisa baca maka ini problem besar,” ujarnya.

Untuk mengatasi problematika tersebut, Rallia mengaku harus bekerjasama dengan semua unsur baik pemerintah desa, para dewan guru, pemerintah kecamatan dan stakeholder yang ada. “Kita harus kerjasama baik pemerintah desa, ibu guru, kades dibawah pimpinan ibu camat. Kita kumpulkan anak-anak ini, misalnya kita kumpulkan di TPQ diluar jam sekolah lalu kita bimbing mereka,” tandasnya.

“Misalnya setelah salat isya lanjut mengaji dan setelah mengaji kita bimbing mereka membaca,” jelasnya.

Rallia juga meminta kepada orang tua wali murid diminta kerjasamanya sebab peran orang tua sangat penting dengan bapak ibu guru. “Biar ibu guru kaki di atas kepala dibawah tapi orang tua tidak peduli maka sama saja. Jadi mari kita kerja sama. Karena anak itu lebih banyak di rumah ketimbang di sekolah,” bebernya.

Baca juga:  Kepsek SD 56 Ternate Terancam Dicopot

Dia mengajak untuk bersama-sama mencari solusi apa penyebabnya. “Sebab tingkat SMP tidak bisa baca ini masalah,” tutupnya. (udy)

error: Content is protected !!