Coaching Clinik Siskeudes Perkuat Sistem Pengelola Keuangan Desa di Halteng

Pj Bupati saat menyematkan tanda peserta

WEDA – Pj. Bupati Halmahera Tengah Ikram M Sangadji membuka acara Coaching Clinik SISKEUDES Versi 2.0,5 tahun 2023. Kegiatan tersebut dalam rangka memberikan pelatihan kepada bendahara desa tentang pengelolaan keuangan. 

Kegiatan tersebut melibatkan Tim Teknis Pemateri dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara (Malut). 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Kepala BPKP Provinsi Malut, Edy Suharto dan juga pimpinan OPD terkait dipusatkan di Hotel Grand Majang, Ternate yang diikuti seluruh bendahara desa di Kabupaten Halmahera Tengah dengan tema “Penguatan Pengelola Keuangan Desa Menuju Desa Tertib Administrasi”.

Kegiatan itu juga merujuk pada UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa yang mana desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri, termasuk pengelolaan keuangannya, serta melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa.

Baca juga:  Warga Minta Pemkab Bayar Lahan

Pasalnya Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) adalah sebuah aplikasi pengelolaan keuangan desa yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Penjabat Bupati Ikram Malan Sangadji dalam sambutannya mengatakan untuk memperkuat kapasitas sistem pengelolaan keuangan desa, maka perlu dilaksanakan kegiatan tersebut. 

error: Content is protected !!