IMS Terima Penghargaan UHC dari Wapres

Pj Bupati Halteng Ikram Malan Sangadji terima penghargaan UHC yang diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian

WEDA – Dinilai memiliki komitmen tinggi terhadap kualitas kesehatan terhadap masyarakat, membuat Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Penghargaan itu diterima Penjabat Bupati Halteng Ikram Malan Sangadji (IMS) di Balai Sudirman, Jakarta Selatan pada Selasa (14/3/2023). Penghargaan UHC secara garis besar merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang accessibility atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah.

Kepala Dinas Kesehatan Halmahera Tengah Luthfi Djafar mengatakan, UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan, promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau.

Baca juga:  Lima Tahun, Sinergi Membangun Negeri

“Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia,” ucap Lutfi.

Lutfi menambahkan, dengan tercapainya UHC di setiap daerah, Wapres juga mengapresiasi komitmen Pemda khususnya dalam melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). “Penghargaan UHC ini diberikan langsung Wapres didampingi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian,” tuturnya.

“Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, serta Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional,” tutupnya. (udy)

Baca juga:  Dukung Geopark Boki Maruru, Pemandu Wisata Dilatih
error: Content is protected !!