Satpol PP dan Damkar Taliabu Gelar Bimtek SDM

Foto bersama

BOBONG – Satuan Polisi Pamong praja dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Pulau Taliabu menggandeng TNI/Polri melakukan Bimtek Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk anggota.

Bimtek yang melibatkan Danramil Bobong, Edwin Efendi Unawekla dan Kasat Reskrim Polres Taliabu, Iptu I Komang Suriawan, sebagai pemateri dilaksanakan di Balai Pertemuan Desa Kilong Kecamatan Taliabu Barat, Minggu (19/03/2023).

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Pulau Taliabu Haruna Masuku saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan mengatakan, bimtek peningkatan SDM yang di gelar bertujuan untuk memberikan pembekalan terhadap anggota dengan melibatkan TNI/Polri, sebab setiap saat kegiatan Satpol dan Pemadam sering berkoordinasi dan bekerjasama dengan pihak kepolisian maupun TNI setempat. 

Baca juga:  Berkunjung ke Kawalo, Ini Kata Bupati Aliong Mus 

Intinya lanjut Mantan Kadis Perindagkop ini, bimtek anggota Satpol PP Damkar dengan tema yang diusung peningkatan SDM Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Tugas Yang Bernuansa Hak Asasi Manusia, kali ini bertujuan untuk menambah pengetahuan anggota dan pemadam kebakaran dalam memberikan rasa aman, ketertiban serta Perlindungan bagi masyarakat tanpa ada pelanggaran HAM.

“Kami libatkan TNI/Polri karena tiap kegiatan, ketertiban maupun patroli sering kita koordinasi dan kerjasama, tujuannya agar kita mampu memberikan rasa aman dan ketentraman kepada masyarakat,” katanya.

Haruna juga mengatakan, menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah, pihaknya telah rutin melaksanakan kegiatan patroli bersama mitra kerja satpol PP sehingga diharapkan dengan bimtek SDM yang digelar dapat menambah kemampuan anggota dalam melaksanakan tugas dengan baik, lebih bermasyarakat dan tidak mengandalkan pendekatan yang bersifat represif.

Baca juga:  Wabup Ramli Serahkan SK Kades Todoli dan Kades Kasango

Sementara  Kasat Reskrim Polres Taliabu, IPTU I Komang Suriawan dalam memberikan materi lebih fokus pada tugas pokok Satpol-PP di lapangan. 

Menurutnya, sudah saatnya Satpol PP memiliki penyidik tersendiri, sehingga dapat melakukan pemetaan masalah dan solusi bagi masyarakat. 

Disamping itu, ia menyentil pelanggaran HAM yang kerap terjadi dalam tugas penertiban masyarakat bagi anggota Satpol perlu dihindari dengan mengutamakan pendekatan yang manusiawi.

“Saya terbuka. yang penting rekan rekan berani untuk berbuat, karena pada kesempatan ini saya lebih fokus pada penyidikan, maka kiranya kedepan Satpol sudah semestinya memiliki tenaga penyidik,” ungkapnya.(bro)

error: Content is protected !!