Festival Ramadhan Ma Parada Kembali Digelar 

Panitia FRP saat Konferensi pers di Buku Bandera

TERNATE – Lembaga Sewadaya Masyarakat (LSM) Buku Bandera Maluku Utara (Malut) yang di ketuai Firman Sjah, kembali mengadakan Festival Ramadhan Ma Parada (FRP). Penyelenggaraan Festival Ramadhan Ma Parada ke-III pada bulan Ramadhan 1444 H ini, akan berpusat di Lapangan Ngara Lamo, Kelurahan Soa Sio, Kecamatan Ternate Tengah. Dengan beberapa item kegiatan serta lomba

“Semarak menyambut Ramadhan sejatinya telah menjadi antusias umat Islam di seluruh dunia untuk mempersiapkan diri menanti kedatangan bulan yang penuh rahmat tersebut. Hal yang sama juga dilakukan oleh masyarakat Kota Ternate Provinsi Maluku Utara untuk menyambut bulan suci ramadhan, yaitu dengan diadakannya kegiatan Festival Ramadhan Ma Parada,” kata anak mendiang Sultan Ternate Ke-48 saat konferensi pers di pandopo Kadaton Buku Bendera, Minggu (26/03/2023).

Menurutnya, FRP atau Festival Ramadhan Ma Parada awal dilaksanakan pada tahun 2018, yakni beberapa ide datang waktu itu untuk mengisi bulan suci Ramadhan saat itu.  Selain itu, nama Festival Legu Ramadhan didiskusikan oleh beberapa pihak akhirnya lahirlah nama Festival Ramadhan Ma Parada atau Festival Cahaya Ramdhan, maka pertama kalinya FRP ke I di laksanakan pada tahun 2018. Kemudian, FRP ke II dilaksanakan pada tahun 2019.

Baca juga:  Kantor Lurah Bastiong Talangame Dipalang Warga, Begini Tuntutannya

Bukan hanya itu, Firman juga menceritakan, pada tahun 2020 adanya musibah yang melanda seluruh penjuru dunia termasuk Maluku Utara, yaitu Covid 19 maka FRP tidak dapat dilaksanakan. Sehingga di tahun 2023 barulah dilaksankan yang diketuai atau ketua umumnya Abang Jongky Wayrooy dan Sekretaris umum Abang Subhan Pakalessy.  “FRP adalah produk dari LSM Buku Bandera bersama Sanggar Limau Gapi dan Festival Dodoku Mari,” jelas Firman.

Firman menuturkan, dengan dilaksanakannya Festival Ramadhan Ma Parada ini, diharapkan dapat meningkatkan hubungan persaudaraan antara umat beragama untuk selalu menjaga keutuhan dan kesatuan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Pelaksanaan kegiatan ini semata-mata dilakukan untuk menyambut bulan suci ramadhan dengan penuh kegembiraan. Kegembiraan itu akan diimplementasikan ke dalam item-item yang bernuansa keislaman serta akan ada unsur budaya lokal yang nantinya ditampilkan pada kegiatan tersebut. Acara ini diadakan dengan maksud agar sesama umat manusia dapat terus memperkokoh silaturahmi dan menyatukan perbedaan,” tandasnya.

Baca juga:  Tidak Terapkan Protokol Kesehatan Pedagang Dikeluarkan

Ditempat yang sama Ketua Panitia FRP ke III Jongky Wayrooy mengutarakan, sejauh ini panitia telah bekerja dan menyiapkan berbagai event acara yang akan ditampilkan.  “Festival Ramadhan Ma Parada ke-III Tahun 2023 akan dilaksanakan pada 09 hingga 14 April 2023, kegiatan ini pun akan berpusat di Lapangan Ngara Lamo Soa Sio Ternate dengan mengusung tema semangat Ramadhan, perkokoh silaturahmi dan satukan perbedaan,” akunya.

kata Jongky, berbagi even acara yang siap ditampilkan yakni pada malam pembukaan nanti dipersembahkan Tarian Sambra dengan target peserta 300 orang, Safari Ramadhan, Khitanan, Khatam Qur’an serta pada malam puncak Tabligh Akbar.  “Panitia juga menyediakan berbagai lomba yang dapat di ikuti oleh anak-anak serta kalangan umum. Antara lain, Tilawah, Da’i Cilik, Kaligrafi, Hafidz Qur’an, Gendang Sahur, Adzan, dan Fashion Show Busana Muslim dan untuk pendaftaran, masyarakat dapat mendatangi Sekretariat Panitia yang bertempat di Gedung Ngaralamo Soa Sio Ternate,” tuturnya.

Baca juga:  Anggaran Penataan Makassar Timur Kurang

Dalam memeriahkan acara tersebut lanjutnya, berbagai instansi akan ikut serta mendukung Festival Ramadhan Ma Parada ini, diantaranya Pemerintah provinsi Maluku Utara, Polda Maluku Utara, Media Sponsorship, serta beberapa Sanggar seni tari dan beberapa UKM dan element masyarakat yang lainnya.  “Kami meminta kepada seluruh masyarakat agar dapat ikut berpartisipasi menjadi bagian dalam kemeriahan Festival Ramadhan Ma Parada tersebut,” pintanya.

Pewarta : Pram
Editor : Zulkifli Hi Saleh

error: Content is protected !!