Gunung Dukono Kembali Semburkan Debu Vulkanik

Sejumlah kendaraan dan aktivitas warga di Halmahera Utara mulai terganggu akibat semburan abu vulkanik

TOBELO – Beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah di Kabupaten Halmahera Utara mulai terdampak debu vulkanik yang disemburkan dari gunung Dukono.

Pantauan media ini, semburan ini terjadi setelah sejumlah wilayah di guyur hujan deras. Alhasil setelah  diguyur hujan mengarah ke arah gunung dan pemukiman, debuh vulkanik kembali terdampak hingga ke kota Tobelo.

Warga Tobelo, Faizal menyebutkan, semburan debu vulkanis sudah terjadi sejak Selasa (28/03/2024). Untuk semburan debu vulkanik terasa hingga ke bagian barat dari Halut dan juga kota Tobelo.

“Untuk semburan debu ini terjadi sejak beberapa hari terakhir. Meski tak terlalu banyak, namun jelas sangatlah mengganggu masyarakat dalam beraktivitas terutama saat berjalan keluar rumah ataupun saat berkendara,” ucapnya, Rabu (29/03/2023).

Baca juga:  Waktu Pendaftaran CASN Diperpanjang

Meski sempat diguyur hujan debu, sejumlah aktivitas masyarakat tetap berjalan. “Ya kalau kita kaluar  rumah maka harus pakai masker jika ingin aman dan menghindar dari bahaya ISPA,” pintanya.

Hingga saat ini, arah angin masih terus bertiup dari timur ke barat sehingga debu vulkanik tidak terlalu besar jatuh di pemukiman warga. Selain itu, hujan di wilayah Tobelo sejak beberapa hari masih terus berlangsung dan lebih banyak hujan jatuh mengarah ke arah gunung.

Pewarta : Ferdinand
Editor : Machmud Daya

error: Content is protected !!