Pasca Lebaran, Cabe Keriting di Halteng Masih Pedas

Pedagang Barito di pasar rakyat Weda

WEDA – Perayaan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran telah usai. Namun, harga cabai merah keriting di Pasar Rakyat Weda masih dijual tinggi, yakni Rp 70.000 per kilogram (kg).

Seorang pedagang Yati, mengatakan, sebelum lebaran harga cabai keriting sudah dijual dengan harga Rp 70.000 per kilogram. “Kenaikan telah terjadi sejak bulan puasa lalu,” ucap Yati kepada wartawan koran ini saat dikonfirmasi. “Cabe keriting naik karena modalnya besar. Sekarang dijual Rp70.000 per kg,” jelasnya.

Sementara cabe nona masih tetap bertahan di harga Rp50.000 per kilogram. Hal itu lantaran stok cabe nona selalu stabil dan stok cabai diambil langsung dari Galela, Kabupaten Halmahera Utara. “Harga rica nona sejauh ini masih di harga Rp50 ribu karena stoknya kita (kami) ambil langsung dari Galela (Halut),” katanya.

Baca juga:  Berdayakan Pedagang Lokal, Pemkot Diminta Batasi Kehadiran Indomaret

Selain itu, harga bumbu dapur yang masih stabil hingga saat ini adalah, bawang merah yang berada di posisi Rp50.000 per kilogram sama dengan bawang putih Rp50.000 per kilogram. “ Bawang merah dan putih tidak naik dan juga tidak turun, selama ini masih diharga Rp50 ribu per kilo,” akunya.

Yati juga mengaku, harga saat ini naik Rp15.000 per kilogram. “Biasanya Rp8000 sampai Rp10.000 per kilogram tapi saat ini naik Rp15.000 bahkan dalam kondisi tertentu naik sampai Rp20.000 per kilogram,” tambahnya.

Untuk harga minyak goreng bimoli, Yati mengatakan untuk ukuran 5 kilogram dijual dengan harga Rp120.000. “ Harganya masih sama dari yang kemarin-kemarin,” tandasnya.

error: Content is protected !!