Abdullah Resmi Ganti Posisi Jusuf dari Sekda Ternate

TERNATE – Posisi Jusuf Sunya yang sebelumnya menjabat sebagai Sekda Kota Ternate resmi berganti, dimana Jusuf Sunya didemosi pada jabatan Staf Ahli Wali Kota Ternate Bidang Kemasyarakatan dan SDM sesuai dengan SK Wali Kota nomor: 821.2/KEP/4199/2023 tentang pengangkatan dan pemberhentian pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemkot Ternate tertanggal 8 September 2023.

Untuk mengisi kekosongan Sekda Kota Ternate, Wali Kota M. Tauhid Soleman menunjuk Abdullah H. M. Saleh yang kini menjabat Kepala BPKAD Kota Ternate sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekda Kota Ternate sesuai dengan Surat Perintah Pelaksana Tugas nomor: 824.4/4207/2023 tertanggal 11 September 2023.

Pelantikan Jusuf Sunya pada jabatan Staf Ahli Wali Kota ini dilakukan pada Senin (11/9/2023) bersamaan dengan pelantikan 6 orang pejabat eselon III dan 13 orang pejabat eselon IV serta 4 orang pejabat di nonjob, sesuai SK Wali Kota Ternate nomor: 821.2/KEP/4200/2023 tentang pengangkatan dan pemberhentian pejabat administrasi di lingkungan Pemkot Ternate tertanggal 8 September 2023, yang pelaksanaannya dipusatkan diaula kantor Wali Kota Ternate.

Baca juga:  VCO Groni dari Moti Mulai Dipasarkan

Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman mengatakan, untuk penunjukan Plt. Sekda sudah dilakukan dan mulai berlaku pada Selasa hari ini.

“So (sudah) ada (Plt. Sekda), tapi nanti besok sudah. Nanti tanya ke Samin (Kepala BKPSDMD),” katanya, usai pelantikan.

Wali Kota sendiri membenarkan jika Abdullah H. M. Saleh sebagai Plt. Sekda Kota Ternate mengganti posisi Jusuf Sunya.

“Iya benar Kaban keuangan Plt. Sekda,” singkatnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate Samin Marsaoly mengatakan, Jusuf Sunya yang menjabat sebagai Sekda Kota Ternate telah di mutasi ke jabatan Staf Ahli Wali Kota.

Dengan begitu kata dia, maka secara otomatis, jabatan Sekda mengalami kekosongan, dan untuk mengisi kekosongan tersebut telah ditunjuk pelaksana tugas untuk menjalankan tugas keseharian jabatan Sekda Kota Ternate.

Baca juga:  Temui Dewan Pers, AMSI Pertanyakan Kelanjutan Regulasi “Publisher Rights” di Indonesia

“Jadi besok sudah harus ada Plt. Sekda yang melaksanakan tugas keseharian, namanya sudah dipersiapkan,” ungkapnya.

Samin  menyebut, surat perintah pelaksana tugas Sekda Kota Ternate nomor: 824.4/4207/2023 tertanggal 11 September 2023. “Mulai besok Kepala Badan Pengeloalaan Keuangan dan Aset Daerah Abdullah H. M Saleh resmi jadi Plt Sekretaris Daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate tahun 2023,” tegasnya.

Perlu diketahui, Jusuf sendiri sebelum di lantik pada jabatan Staf Ahli Wali Kota, yang bersangkutan sempat hadir pada paripurna DPRD Kota Ternate dengan agenda penyampaian nota keuangan RAPBD-P, kemudian paripurna pemandangan umum fraksi terhadap ranperda, serta paripuna jawaban Wali Kota terhadap pandangan umum fraksi DPRD.*
Editor : Hasim Ilyas

Baca juga:  Pemkot Pastikan Renovasi SMP 3 Ternate Segera Dilakukan
error: Content is protected !!