Puluhan Petugas Dinkes Ternate Ikut Pelatihan Pengawasan Kesehatan Lingkungan di Manado

Kadinkes Kota Ternate, Fathiya Suma melakukan penandatanganan MoU dengan Balai Pelatihan Kesehatan Sulut

TERNATE – Tingkatkan kompetensi tenaga sanitarian di Kota Ternate, puluhan petugas dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate ikut pelatihan pengawasan kesehatan lingkungan di Manado Sulawesi Utara. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Fathiya Suma usai melakukan MoU dengan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Sulawesi Utara pada Senin 6 November 2023. 

Menurut Fathiya, Bapelkes Manado memiliki sarana pelatihan kesehatan lingkungan yang berkompeten, demi meningkatkan kompetensi. 

Menurut Fathiya, berbagai masalah sanitasi lingkungan disebabkan pembuangan limbah industri di badan air, pembuangan sampah dan limbah cair rumah tangga, serta pencemaran udara yang dapat menimbulkan dampak buruk terhadap sanitasi lingkungan. 

Dampak negatif tersebut, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan bagi manusia dan pastinya menimbulkan penyakit. 

Baca juga:  RSUD Halmahera Barat Belum Kantongi Legalitas Izin Lingkungan

“Diperlukan kegiatan utama untuk mewujudkan kualitas lingkungan sehat dilaksanakan melalui kegiatan teknis penyehatan pada media air, udara, tanah, pangan, sarana bangunan, pengamanan limbah dan pengendalian vektor atau binatang pembawa penyakit. Pendekatan kegiatan penyehatan lingkungan sehat, dilakukan melalui konseling, inspeksi kesehatan lingkungan, dan intervensi kesehatan lingkungan,” terang Fathiya. 

Disisi lain, Fathiya mengakui, hampir seluruh tenaga sanitasi di seluruh wilayah kerja Puskesmas Kota Ternate, masih memerlukan peningkatan kompetensi. 

“Khususnya untuk pemeriksaan kualitas air bersih, air limbah, udara, tanah dan pangan. Untuk itu, diperlukan pelatihan bagi tenaga sanitasi lingkungan,” ucapnya. 

Dia menambahkan, peserta dari Ternate yang mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 25 orang yang terdiri dari 18 tenaga sanitasi Puskesmas dan 7 pendamping dari Dinkes Ternate. 

Baca juga:  Pelayanan RSU Obi Dialihkan ke Puskesmas Laiwui

Pelatihan berlangsung sejak tanggal 6 hingga 10 November 2023 dan peserta pelatihan bakal tersertifikasi dari Kementerian Kesehatan sebagai tenaga sanitarian yang berkompeten di Ternate.  “25 peserta pelatihan dari Ternate ini, baru pertama kali mengikuti pelatihan seperti ini,” pungkasnya. (*)

error: Content is protected !!