Warga Ber-KTP Diluar Ternate Tidak Bisa Nyoblos

TERNATE – Warga yang ber-KTP diluar Kota Ternate yang tidak mengurus pindah memilih sampai 7 Februari dipastikan tidak bisa memilih saat pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari mendatang, sebab setelah penetapan DPT pada Juni kemarin KPU telah memberikan ruang kepada warga yang belum terdaftar di DPT untuk pindah memilih.

Anggota KPU Kota Ternate Devisi Perencanaan, Data dan Informasi Jainudin Ali mengatakan, pelayanan pindah memilih sudah ditutup sejak 7 Februari kemarin.

“Jadi pelayanan pindah memilih itu batas sampai 7 Februari,” katanya, pada Minggu (11/2/2024).

Menurutnya, warga yang pindah memilih tersebut terdapat sejumlah kategori dimana warga yang KTP baru pindah masuk ke Ternate namun saat penetapan DPT pada bulan Juni 2023 yang bersangkutan masih ber-KTP diluar Ternate, mereka ini kata dia, dalam ketentuan dipersilahkan pindah memilih karena dia sebelumnya terdaftar diluar Kota Ternate sesuai KTP awal.

“Mereka ini pindah baru ke Ternate dan mendapat lima surat suara,” ungkapnya.

Sementara bagi yang sudah ber-KTP Kota Ternate namun belum sempat mengurus pindah memilih lanjut dia, maka yang bersangkutan di saat hari pencoblosan dapat datang ke TPS menggunakan KTP dan akan dilayani sebagai daftar pemilih khusus.

Dia menegaskan, bagi warga yang ber-KTP diluar Kota Ternate dan kemudian terdaftar dalam DPT diluar Ternate yang bekerja di Kota Ternate, bagi mereka ini dalam ketentuan menyebutkan harus mengurus pindah memilih yang berakhir pada 7 Februari kemarin.

“Setelah ditutup mereka yang KTP nya bukan di Kota Ternate dan datang ke TPS menggunakan KTP tidak dilayani,” tegasnya.*
Editor : Hasim Ilyas

Berita Terkait