Agustus Mendatang, Pemkot Tikep Rombak Kabinet

Sekot Tikep Ismail Dukomalamo

TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen, pada Agustus mendatang akan merombak (reshuffel) kabinet AMAN Jilid 2, periode 2021-2024. Perombakan kabinet ini difokuskan pada pejabat eselon II, namun tetap dengan memperhatikan aturan yang berlaku.

“Prosesnya sudah akan di mulai pada bulan Juli, namun eksekusinya nanti di bulan Agustus, karena Walikota dan Wakil sangat memperhatikan aturan yang berlaku, dimana pelantikan pejabat eselon II harus dilakukan enam bulan setelah pemilihan,” ungkap Sekertaris Daerah Kota Tikep, Ismail Dukomalamo saat ditemui wartawan media ini di ruang kerjanya, Senin, (14/6/21).

Sekda mengaku, dalam perubahan Kabinet AMAN Jilid 2, nantinya difokuskan pada dua hal, yakni pengisian kekosongan jabatan pada Eselon II sehingga masih diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt), beserta rotasi pejabat di eselon II lainnya, sebagai bentuk dari penyegaran di tubuh birokrasi.

Baca juga:  OPD Wajib Serahkan Data Akurat ke Bapelitbang

“Jabatan eselon II yang diisi oleh Plt saat ini, akan diisi dengan pejabat devinitif, sementara untuk jabatan eselon II lainnya akan dilakukan evaluasi, sehingga mereka nantinya hanya akan dilakukan rotasi berdasarkan basic keilmuan dan kemampuan yang dimiliki,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk pengisian pejabat devinitif pada jabatan yang masih diisi oleh Plt, akan dilakukan asesmen. Sementara untuk rotasi pejabat dilingkup eselon II tidak lagi dilakukan demikian.

“Kalau cuma rotasi atau pergantian pejabat di OPD satu dengan OPD lain, itu tidak dilakukan asesmen, karena mereka hanya dipindahkan dari OPD yang sebelumnya ke OPD baru. tetapi kalau mereka yang nantinya mau mengisi jabatan kosong yang saat ini diisi oleh Plt, maka akan dilakukan seleksi terbuka, atau asesmen,” jelasnya.

Baca juga:  Pemkot Tidore Bakal Gelar Nobar Piala Dunia Qatar 2022

Untuk jabatan eselon III dan IV, kata dia akan dilakukan secara bertahap pasca dilakukan penyegaran alias perombakan kabinet pada jabatan eselon II. Sekedar diketahui, untuk saat ini terdapat beberapa OPD yang belum memiliki pejabat devenitif, sehingga masih diisi oleh Plt, diantaranya Asisten III Walikota, Dinas Pendidikan Kota Tikep, dan beberapa jabatan Staf Ahli Walikota lainnya. (ute)

error: Content is protected !!