DPRD Setujui Pemkab Halteng Lakukan Pinjaman

DPRD Halteng

WEDA – Rencana Pemerintah kabupaten  Halmahera Tengah (Halteng) melakukan pinjaman ke pengusaha, mendapat respon positif dari DPRD. Kabarnya, usulan pinjaman sebesar Rp 200 miliar itu dipastikan disetujui dewan apabila penggunaannya dan pemanfaatan untuk kepentingan masyarakat.

Ketua DPRD Halteng, Zakir Ahmad pun membenarkan adanya kebijakan Pemkab Halteng untuk melakukan pinjaman ke rekanan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), untuk kebutuhan daerah di tahun 2022 hingga beberapa tahun kedepan. “Iya, akan ada pinjaman oleh Pemda Halteng, dan kami DPRD melalui Badan Anggaran (Banggar) bersama tim Pemda sudah koordinasi serta konsultasi, jadi dalam pertemuan itu ada respon, sepanjang pinjaman tersebut demi kepentingan masyarakat Halteng, maka DPRD tidak keberatan,” katanya.

Baca juga:  Ketua APEKSI Apresiasi Tauhid Soleman

Prinsipnya, menurut Ketua DPD II Golkar Halteng ini, dalam proses pinjaman tentu DPRD Halteng sangat berharap realisasi anggaran harus sesuai dengan ketentuan berlaku. “Ketika pinjaman ini disetujui, akan kita tuangkan ke dalam APBD tahun 2022. Dalam pembiayaan pinjaman sangat penting diperhatikan adalah persoalan Infrastruktur RSUD Weda, sebab membutuhkan biaya yang sangat besar,” tukasnya.

 “DPRD juga pada prinsipnya tidak masalah terkait pinjaman tersebut, sepanjang menyentuh pada kepentingan masyarakat. Namun, kalau tidak pada kepentingan rakyat, tentu DPRD pasti akan memberikan saran dan pendapat, kepada Pemda untuk memberikan pertimbangan,”  tambah Sakir.

Meski sudah dibahas secara internal, Zakir mengaku DPRD belum menindaklanjuti dengan melakukan konsultasi kementerian dalam negeri, sebab masih ada rapat pembahasan lanjutan, dalam rapat bersama nanti akan bersama-sama mengawal proses pinjaman ini. “Nanti setelah disepakati oleh kementerian keuangan, baru dilakukan paripurna untuk meminta pandangan Fraksi, apakah disetujui pinjaman itu atau tidak. Ini adalah suatu program baru, demi untuk kepentingan meningkatkan dan mengacu soal kesejahteraan masyarakat Halteng,” tutupnya. (udy)

Baca juga:  Hargai Temuan Bawaslu, KPU Halteng Tetap Tindaklanjuti
error: Content is protected !!