Disarpus Malut Rencana Gelar Festival Literasi

Muliadi Tutupoho

SOFIFI – Untuk wujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba-M Al Yasin Ali (AGK-YA) Maluku Utara (Malut) cerdas, maka perlu di dorong minat baca masyarakat pada umumnya dan bagi pelajar, untuk mewujudkan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut akan menggelar  festival literasi tahun 2022.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Malut Muliadi Tutupoho saat dikonfirmasi mengatakan, rencana festival Literasi yang diselenggarakan Disarpus Malut sebagai ruang pertemuan para penggiat literasi, komunitas, lembaga pemerhati literasi, pemerintah maupun lembaga swasta lainnya. “Diruang ini, akan kita pertemukan para penggiat literasi, sekaligus saling berbagi pengetahuan dan pengalaman inspirasi,” katanya.

Rencana pelaksanaan festival literasi ini, kata mantan Juru Bicara Gubernur Malut itu mengaku akan mengundang seluruh taman baca yang ada di desa serta komunitas literasi yang ada di Provinsi Malut, selain itu juga akan melibatkan pemerintah dalam hal instansi terkait  maupun swasta karena akan dilaksanakan pameran, foto, arsip, sumber daya alam.

Baca juga:  Gubernur Maluku Utara Ingkar Janji

“Rencana kegiatan ini akan dilaksanakan di Sofifi sebagai ibu kota Provinsi Malut,” ungkapnya. Lanjut Muliadi, alasan pemerintah desa di undang dalam festival literasi, karena punya masyarakat itu ada di desa, sehingga kalau Maluku Utara Cerdas, maka harus dimulai dari desa, sehingga peran penting pemerintah desa.

“Jadi Maluku Utara Cerdas harus mulai dari desa, untuk itu dalam festival literasi ini, kami juga akan undang pemerintah desa,” ujarnya. Muliadi mengaku bahwa program nasional yakni perpustakaan berbasis inklusi ini, butuh pelibatan pemerintah desa, dimana untuk mendorong minat baca di masyarakat desa diperlukan perpustakaan desa. “Kita butuh sinergi untuk mendorong minat baca masyarakat maka diperlukan perpustakaan desa,” harapnya. (lie)

Baca juga:  Gubernur Malut Minta Pelabuhan dan Bandara Diperketat
error: Content is protected !!