Penumpang KM Permata Obi Melebihi Kapasitas

KM. Permata Obi saat menuju Sanana

TERNATE – Kapal tujuan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, pada Senin (25/4/2022) memuat penumpang yang akan mudik di luar dari kapasitas. KM. Permata Obi yang berkapasitas penumpang 455 orang, namun penumpang yang naik di dalam kapal itu sekira 500 orang lebih.

“Tiket yang terjual hari ini sebanyak 450 tiket. Kapasitas yang ada itu hanya bisa 455 orang,” kata Agen Pelayaran KM. Permata Obi, Fadli kepada wartawan.

Fadli mengatakan, penumpang yang berhasil naik ke atas kapal tadi itu banyak sekali yang tidak memiliki tiket. Penumpang tujuan Sanana beda dengan penumpang di kapal tujuan daerah lain. “Banyak penumpang yang tidak takut petugas. Warga Sula dan Taliabu ini susah mau atur. Beda dengan penumpang Bacan dan Morotai, mereka masih takut petugas,” ujarnya.

Baca juga:  Pemkot Ternate Izinkan Belajar Tatap Muka

Fadli akui, penumpang yang berhasil masuk ke dalam KM. Permata Obi ini sekira 500 atau 600 orang. “Kapal ini pada waktu Natal dan tahun baru, pernah memuat penumpang dari Manado ke Jailolo itu sebanyak 1.000 lebih,” pungkasnya.

Fadli berharap, KM. Permata Obi yang bertolak dari pelabuhan Ternate tujuan Sanana ini Tiba dengan selamat. “Mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan,” harapnya. Sekadar diketahui, untuk jadwal kapal tujuan Sanana, masih ada di 27 April, yakni KM. Alsudais, di 28 KM. Aksar, untuk 29 masih ada KM. Uki Raya dan di tanggal 30 April, KM. Barcelona.

Sementara itu, untuk arus mudik di Pelabuhan Dufa-Dufa diprediksi akan ramai pada H-5 menjelang lebaran Idul Fitri. Hal ini disampaikan Danpos Pelabuhan Dufa-Dufa, M.Nur Naipon, melalui Ka Jaga Pelabuhan Dufa-Dufa, Muhammad E Nggar.

Baca juga:  Tim Penyelam Kembali Temukan 5 Jenazah KM Cahaya Arafah

Muhammad mengatakan, sampai sekarang aktivitas pelabuhan Dufa-Dufa masih terpantau normal seperti biasa. Namun begitu, tidak menutup kemungkinan akan terjadi lonjakan penumpang jelang H-5 lebaran nanti. “Jadi kalau kami prediksi dari tahun sebelumnya itu, khusus di pelabuhan Dufa-Dufa arus mudik lebaran, akan padat di H-5,” kata Muhammad E Nggar, kepada wartawan, Senin (25/04/2022).

Khusus di pelabuhan Dufa-Dufa, lanjutnya, ini hanya melayani penyeberangan dari Ternate ke Jailolo. Sementara untuk armada yang tersedia, di pelabuhan Dufa-Dufa ada tiga jalur, yakni para penumpang bisa menggunakan kapal cepat Trans JB, kapal kayu dan Speedboat. “Untuk pelabuhan Dufa-Dufa ini ada tiga armada yang stay dan  siap melayani masyarakat ketika mudik lebaran nanti,” ucap Muhammad.

Baca juga:  Ketua APEKSI Apresiasi Tauhid Soleman

Dari jadwal tiga armada, Muhammad menambahkan, untuk kapal cepat Trans JB, berangkat dari pelabuhan Ahmad Yani Ternate pukul 07.30 WIT tiba di pelabuhan Jailolo pukul 08.10 WIT. Sedangkan kapal kayu dari pelabuhan Dufa-Dufa pukul 15.00 WIT tiba di pelabuhan Jailolo sekitar pukul 17.00 WIT. Namun untuk Speedboat jam operasinya tergantung penumpang.

“Kalau Speedboat itu tergantung penumpang, ketika ada penumpang, maka mereka motoris langsung berangkat, karena di pelabuhan Dufa-Dufa ada dibagi dua shift dengan jumlah Speedboat 54 armada. Dan sampai sekarang aktivitas masih berjalan normal,” ujarnya.(nai)

error: Content is protected !!